Kamis , 1 Oktober 2020

130 Dosen Unri Mengikuti Pelatihan Penyusunan Kurikulum

Riaupintar.id — Pada era industri 4.0 ini, pengembangan kurikulum pendidikan merupakan hal central bagi Perguruan Tinggi dan wajib dilakukan untuk kemajuan, jika tidak maka Perguruang Tinggi tersebut akan tertinggal.

Demikian disampaikan Ketua Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) Universitas Riau (Unri) Prof Dr Zulkarnain MM, saat membuka acara Pelatihan Penyusunan Kurikulum Bagi Program Studi di lingkungan Unri, Senin 29 Juli 2019.

Dijelaskannya, perubahan kurikulum merupakan sesuatu hal yang lumrah terjadi. Kurikulum harus menyesuaikan perkembangan dan dinamika kebutuhan masyarakat. Perkembangan kurikulum ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).

“Hal inilah yang menjadi dasar Unri sebagai lembaga pendidikan juga harus ikut menyesuaikan kurikulum sesuai dengan perkembangan yang ada saat ini. Dalam Perpres nomor 8 tahun 2012, pemerintah mengharuskan penyelenggara pendidikan agar kerangka penjenjangan kualifikasi, kompetensi itu, dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor,” jelasnya.

Zulkarnain juga menyebut, tidak hanya dibidang Pendidikan, mengembangkan kurikulum juga harus melibatkan dunia usaha, sehingga terbentuk kurikulum yang ideal dan sistematik sesuai kebutuhan dunia usaha saat ini.

Acara Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan selama dua hari ini (29-30/7/2019) diikuti oleh sebanyak 130 orang yang terdiri dari tim penyusun kurikulum dari seluruh Program Studi (Prodi) yang ada di lingkungan Unri. (rls)

Baca Juga

90 Tahun Prof Solly Lubis, Husnu Abadi Diberi Kesempatan Membacakan Puisi

Riaupintar.id — Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (FH UIR) Husnu Abadi, SH, MHum, PhD, …