Minggu , 15 Desember 2019

50 Mahasiswa UIR Mengikuti Pembekalan Dasar Bimbingan Baca Al Quran

Ketua dan Sekretaris LDIK Zulhelmy dan Afrizal Anton Chandra bersama peserta workshop.

Riaupintar.id — Lembaga Dakwah Islam Kampus Universitas Islam Riau (LDIK UIR) menargetkan, selain mahir membaca juga fasih melafazkan huruf-huruf dalam ayat suci, Mahasiswa UIR juga harus mampu dengan baik melagukannya.

Kegiatan tersebut merupakan pemantapan program catur dharma perguruan tinggi khususnya catur di bidang dakwah Islamiyah.

Untuk mencapai target yang diinginkan LDIK menggelar Workshop Pembekalan Dasar Bagi Mentor Bimbingan Baca Qur’an Tahun 2019/2020.

Workshop yang berlangsung di Fakultas Hukum pada Selasa 26 Nopember 2019 itu diikuti 150 mahasiswa dengan empat pembimbing, yakni Dr H Saproni, Lc.MEd, Dr Zulkarnaini Umar, MIS, Dr H Zulhelmy, MSi.Ak.CA dan Anton Afrizal Candra, SAg, MSi.

Materi pembekalan meliputi Dasar-dasar Ilmu Tajwid, Teknik Penyampaian dan Pengajarannya serta Manajemen Pelaporan Bimbingan Baca Al-Qur’an(BBQ).

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Ir H Rosyadi berpesan kepada peserta, agar mengikuti kegiatan ini dengan serius supaya ilmu yang diperoleh dapat secara maksimal diterapkan sehingga terjadi transformasi yang lancar dari pembimbing kepada mahasiswa binaan. Menurut Rosyadi, transformasi bacaan Al Qur’an harus dilakukan dengan metode yang tepat dan pas sehingga waktu bimbingan dapat diefisienkan.

Wakil Rektor III Rosyadi memberi sambutan saat pembukaan workshop.

”Masih banyak mahasiswa baru yang perlu dibimbing bagaimana membaca Al Qur’an yang benar. Tak tertutup kemungkinan pula ada diantara mahasiswa yang belum mengenal huruf-huruf hijayyah. Atau pas-pas mengeja huruf. Karena itu mereka perlu dibimbing oleh para seniornya supaya lancar membaca Al Qur’an,” kata Rosyadi.

Sekretaris LDIK Anton Afrizal Candra menyebutkan, pembekalan bertujuan supaya mahasiswa mendapat pengenalan tentang teknis pelaksanaan bimbingan baca Al-Qur’an sebelum mereka bertugas membimbing adik-adik tingkatnya di semua fakultas. ”Dari workshop ini kita harapkan para pembimbing dapat mengetahui dengan benar tujuan, sasaran dan metode yang mereka gunakan dalam bimbingan baca Al Qur’an,” kata Anton.

Anton sekaligus berterima kasih kepada Rektor dan Wakil-wakil Rektor yang sudah memberi laluan kepada LDIK menyelenggarakan kegiatan ini dalam rangka merealisasikan catur dakwah islamiyah. (rls)

Baca Juga

Unilak Gelar Shalat Istisqa, Khotib Ingatkan untuk Meningkatkan Ketaqwaan

Riaupintar.id — Disaat asap semakin mengganggu aktifitas maka bertakwalah kita kepada Allah SWT. Karena didalam …