Jumat , 1 Juli 2022

840 Peserta Mengikuti Ujian UTBK-SBMPTN Tahun 2022 Gelombang I

Riaupintar.id — Hari pertama Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Gelombang 1 untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 berlangsung hari ini, Selasa 17 mei 2022 secara serentak di seluruh Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia.

“Sebanyak 840 dari 20.799 orang peserta yang mengikuti ujian di Pusat Perguruan Tinggi Negeri Universitas Riau (UNRI) UTBK 2022 Gelombang 1. Ujian gelombang 1 ini akan berlangsung pada 17-23 Mei 2022 mendatang, dan Gelombang II dilaksanakan pada 28 Mei-03 Juni 2022.”

Demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik UNRI Prof Dr M Nur Mustafa MPd selaku Ketua Tim Pelaksana Pusat UTBK UNRI, saat meninjau pelaksanaan UTBK di Kampus Bina Widya UNRI, Selasa 17 mei 2022.

“Secara keseluruhan, pelaksanaan tugas pada masing-masing bidang kepanitiaan yang tergabung dalam Kepanitiaan Penerimaan Mahasiswa Baru melalui jalur SBMPTN-UTBK Tahun 2022 ini telah dilaksanakan dengan baik. Sampai hari ini (17 Mei 2022-red), pelaksanaan ujian berjalan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan panitia pusat,” ujar Guru Besar Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan ini menjelaskan.

Lebih lanjut, M Nur mengingatkan kepada panitia yang bertugas, UTBK tahun ini menjadi tantangan karena adanya peningkatan jumlah peserta yang mengikuti UTBK tahun 2022 ini. Sementara itu, protokol kesehatan Covid-19 juga menjadi perhatian bagi panitia dalam melaksanakan kegiatan ini.

“Diharapkan pelaksanaan UTBK-SBMPTN ini, para peserta dapat memperhatikan secara ketat penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19 ini. Begitu juga dengan panitia, agar selalu memantau dan memastikan terlaksananya penerapan protokol kesehatan ini demi kelancaran pelaksanaan UTBK-SBMPTN tahun ini,” jelasnya.

Tambahnya mengingatkan peserta UTBK, ada beberapa hal yang harus pahami oleh para peserta ujian, di antaranya Pertama, peserta segera menuju ke gedung atau ruang lokasi ujian, panitia juga menyediakan ruang tunggu untuk peserta UTBK, Kedua, Apabila diantar, pastikan turun di area drop zone terdekat dengan gedung atau ruang lokasi ujian, Ketiga, Ikuti prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang dilakukan Panitia. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, Keempat, Silakan menuju ruang ujian dengan tertib dan tetap menjaga protokol kesehatan pencegahan Covid-19 diinstruksikan oleh Pengawas Ruang, ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Akademik UNRI Dessy Riasari SE Ak MM, saat turut melakukan peninjauan, mengingatkan para peserta pada saat akan ujian untuk menyiapkan dokumen di atas meja untuk diverifikasi oleh pengawas. Selanjutnya ikuti instruksi pengawas, seperti kapan harus log in, latihan soal, dan patuhi tata tertib ujian. Setelah masuk ruang ujian, dilarang berbicara dengan peserta lain dengan alasan apapun. Kerjakan ujian sesuai petunjuk dan tetap mengikuti protokol kesehatan mengenai pencegahan Covid-19, dan sebelum waktu ujian selesai, tidak diperkenankan untuk keluar ruangan.

“Untuk mengantisipasi kendala keterlambatan peserta pada saat menuju lokasi ujian yang telah ditentukan, Panitia menghimbau kepada agar peserta sebisa mungkin mengecek dulu lokasi ujian minimal sehari sebelum pelaksanaan ujian. Sementara itu, peserta juga wajib hadir 45 menit bahkan 1 jam sebelum pelaksanaan UTBK ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, ujar Dessy penyediaan sarana dan prasarana untuk pelaksanaan UTBK-SBMPTN ini, UNRI bekerja sama dengan mitra, diantaranya Universitas Muhammadiyah Riau, STMIK Amik Riau, SMKN 2 Pekanbaru, SMKN 3 Pekanbaru, SMK Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Institut Bisnis dan Teknologi Pelita Indonesia Pekanbaru, dan SMK Labor Binaan FKIP UNRI, tutupnya. (rls)

Baca Juga

Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 di Tutup 27 Juni, Segera Mendaftar

Riaupintar.id – Universitas Riau (UNRI) masih membuka peluang bagi yang berminat untuk melanjutkan studi ke …