Kamis , 21 November 2019

Agar sama-sama Maju, Rektor Umri ajak Universitas Saling Bekerjasama

Rektor Mubarak menyampaikan sambutan

Riaupintar.id — Dengan akan terbukannya peluang bagi Perguruan Tinggi asing berdiri di Indonesia, tentu akan semakin memperketat persaingan.

“Karena itu menurut saya sangat perlu kita sesama Universitas saling bantu dalam upaya untuk bisa maju secara bersama-sama,” Kata Rektor Universitas Muhammadiyah Riau Drs H Mubarak MSi dalam sambutannya saat membuka kegiatan Celscitech 2019 International Conference, Kamis 26 September 2019 di Hotel Pangeran Pekanbaru.

Kerjasama yang dilakukan menurut Mubarak bisa dengan saling bertukar Dosen dalam mengajar, bertukar fasilitas yang tidak ada di satu universitas. “Misalnya dalam pemakaian labor, di Universitas A kurang atau tidak lengkap, bisa mengunakan yang ada di Uversitas B yang labornya lengkap,” ujar Mubarak mencontohkan.

Kegiatan Celscitech yang diadakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LMPM) ini menurutnya bisa dijadikan salah satu kesempatan untuk saling bertukar infomasi dan kontak, sehingga nantinya bisa terjalin silaturrahmi yang terus menerus, dan bisa dilanjutkan dengan menjalin kerjasama untul kemajuan bersama.

“Selain tentunya kegiatan ini sangat berarti bagi para dosen untuk bisa memasukkan artikel atau hasil reserch mereka ke jurnal internasional,” tegas Rektor.

Karena, lanjut Rektor, dengan semakin banyak jurnal para Dosen di suatu perguruan tinggi yang masuk jurnal internasional, maka akan berdampak positif juga bagi akreditasi institusi sebuah perguruan tinggi.

Rektor Umri memukul gong saat membuka acara

“Karena itu, saya berharap kegiatan yang telah menjadi agenda rutin LPPM ini setiap tahunnya sejak Tiga tahun lalu dan tahun ini yang keempat, bisa terus dilaksanakan, dan meningkat kualitasnya,” harap Rektor.

Sementara Kepala LPPM Umri yang juga ketua panitia acara M.Ridha Fauzi menjelaskan, terdapat 120 yang memasukkan artikel, dari jumlah tersebut hanya 93 yang lolos untuk melakukan persentasi.

“Adapun peserta dari kegiatan ini berasal dari Kanada, Inggris, Malaysia, Australia dan indonesia,” pungkasnya.

Seminar ini menghadirkan Keynote speaker Prof Dr. Mohd. Hasbullah bib Hj Indris Chair School of Mechanical Engineering Universitas Teknologi Malaysia. Dr. ibrar Bhatt, co-Director for MSrc TESOL Queen’ University Belfast United Kingdom. Dan Dias Satria PhD, Head of International Undergraduate Program (Economics, Finance and Banking), Universitas Brawijaya, Indonesia. (nik)

Baca Juga

Sabtu, Unri Bahas Bencana Kabut Asap

Riaupintar.id — Universitas Riau (Unri) akan menyelenggarakan Talk Show dengan tema “Bencana asap, akankah dapat …