Senin , 30 Januari 2023

Anugerah Kerjasama Diktiristek 2022, UIR Raih Penghargaan Kategori Kerjasama Internasional Terbaik

Riaupintar.id — Prestasi berkala nasional kembali di toreh Universitas Islam Riau (UIR), dalam ajang Anugerah Kerjasama Diktiristek 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Ristek Kemdikbud Ristek), UIR meraih penghargaan kategori kerjasama internasional terbaik.

Penghargaan ini diterima bersamaan dengan 74 Perguruan Tinggi lainnya baik Swasta maupun Negeri dari seluruh Indonesia, dari kategori lainnya.

Adapun kategori penghargaan yang diberikan oleh Ditjen Dikti Ristek kepada PT diantaranya Anugrah Kerjasama, Humas, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sumber Daya, Kelembagaan, Riset, Teknologi, Pengabdian Masyarakat serta Jurnalis dan Media yang merupakan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang telah berhasil meraih pencapaian tertinggi dan berkontribusi dalam mendukung implementasi transformasi pendidikan tinggi yang meliputi MBKM, Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, dan Matching Fund.

Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama (KUI&K) UIR, Dr Rendi Prayuda SIP MSi kepada wartawan menjelaskan, berhasilnya UIR dalam raihan Anugrah Kerjasama dalam kategori Manajemen Tata Kelola Kerjasama Internasional tentu melalui beberapa tahapan serta penilaian mulai dari tingkat LLDIKTI Wilayah X hingga Kementerian pusat.

“Dengan melihat percepatan kerjasama internasional yang kita laksanakan dalam satu semester terakhir dirasa baik oleh LLDIKTI Wilayah X maka UIR bersama satu PT lainnya di usulkan ke kementerian pendidikan pusat pada Agustus lalu, adapun dokumen yang kita persiapkan ialah berupa proposal pelaksanaan kerjasama internasional UIR selama satu semester mulai dari Januari hingga Juli 2022,”ujar Rendi.

Kendati demikian Rendi mengungkapkan UIR tentu tidak berpuas diri. UIR akan terus meningkatkan kinerja terutama dalam kerjasama internasional sebagai perwujudan visi UIR Unggul 2041 menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa.

“UIR tentu menjadi semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kinerja terutama pada bidang kerjasama internasional serta mempertahankannya agar tata kelola kerjasama internasional ini terus berkembang, kedepannya pada tahun depan kita mencoba menjalin kerjasama dengan Erasmus Mundus Leaders merupakan salah satu program beasiswa dari negara-negara Eropa,”ungkapnya.

Dia menambahkan , selain mengembangkan sayap kerjasama dengan negara-negara Eropa di tahun depan UIR juga akan mengembangkan sayap kerjasama ke Amerika dengan salah satu universitas di negara bagian Virgia yang saat ini sudah memasuki tahapan penjajakan kerjasama.

“Tahun depan kerjasama yang kita jalin akan dikembangkan ke perguruan tinggi di benua Amerika, dukungan dari segenap civitas akademika, yayasan, mahasiswa dan lainnya sangat kami butuhkan dalam merealisasikan kerjasama tersebut,” pungkasnya. (rls/nik)

Baca Juga

Ketua Komisi Informasi Riau Raih Gelar Magister Manajemen dari Pascasarjana Unilak

Riaupintar.id — Zufra Irwan Ketua Komisi Informasi Riau resmi menyandang gelar Magister Manajemen dari Sekolah …