Selasa , 17 Mei 2022

Bahagiakan Anak Yatim, Ini yang Dilakukan Prodi Fisika UMRI

Rektor UMRI Dr Saidul Amin menyerahkan secara simbolis voucher belanja kepada salah seorang pengelola Panti asuhan, Senin 28 April 2022.

Riaupintar.id — Memuliakan anak yatim sudah menjadi keharusan bagi umat Islam, terlebih pada bulan penuh berkah yakni bulan Ramadhan.

Hal itu pula yang menjadi dasar bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Fisika Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), yang setiap bulan Ramadhan memuliakan anak yatim dengan membelikan kebutuhan mereka saat lebaran Idul Fitri nantinya.

Tahun ini merupakan tahun ketujuh mereka melaksanakan kegiatan tersebut, dan yang lebih hebat lagi cara mereka mengumpulkan donasi tidak langsung dalam berbentuk uang.

Pada puasa Ramadhan 1443 H tahun ini, kegiatan tersebut dilaksanakan Senin pagi 28 April 2022 dengan memilih lokasi tempat berbelanja di Ramayana Panam, Pekanbaru.

Rektor UMRI Dr Saidul Amin dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasinya kepada mahasiswa prodi Fisika dan umumnya Fakultas MIPA dan Kesehatan yang telah dengan rutin melaksanakan kegiatan tersebut dan apa yang dilakukan prodi Fisika ini hendaknya bisa menjadi motivasi bagi prodi lainnya.

“Dengan kegiatan ini prodi Fisika telah melaksanakan Al Islam ke muhammadiyahan, dan ini sangat bagus, karena memang tugas kita untuk memulia kan anak yatim, terlebih dibulan Ramadhan penuh berkah ini,” kata Rektor.

Koordinator kegiatan Sri Fitria Retnawaty SSi MT, menjelaskan, cara mahasiswa ini dalam mengumpulkan donasi patut di acungi jempol, karena mereka melakukannya dengan berjualan, bukan dengan memita langsung dalam bentu uang.

“Mereka mengumpulkan pakaian layak pakai dari para dosen, dan mereka menjualnya, hasil itu lah yang mereka kumpulkan untuk selanjutnya mereka mengajak anak-anak yatim bergembira dengan berbelanja ke Ramayana hari ini,” jelas Sri Fitria.

Dikatakan, selain menjual baju layak pakai yang diperoleh dari para dosen, mereka juga berjualan di pasar kaget ramadhan, dengan keuntungan yang didapat sepenuhnya di kumpulkan untuk donasi.

Koordinator kegiatan Sri Fitria Retnawaty saat menyampaikan sambutan

“Mereka juga melakukan sosoalisasi ke masjid-masjid di Pekanbaru, dan Alhamdulillah untuk tahun ini jumlah donasi yang terkumpul mencapai 35 juta, yang 60 persen merupakan berasal dari hasil berjualan, sisanya berasal dari donasi dalam bentuk uang langsung yang diberikan para donatur,” jelasnya.

Sri menambahkan untuk tahun ini jumlah anak yatim yang menerima donasi sebanyak 100 orang dari Tiga panti asuhan, yakni panti asuhan Ali Annafii 45 orang, panti asuhan Al Muzaki 37 orang dan panti asuhan Miftahul Jannah 18 orang.

Sri juga tak lupa berterima kasih kepada pihak Ramayana Panam yang ikut juga berpartisipasi dengan akan memberikan diskon khusus kepada anak yatim dan juga memberikan kesempatan bermain gratis kepada mereka di arena permainan timezone.

Dia juga berharap kegiatan ini akan terus bisa dilaksanakan pada tahun tahun yang akan datang.

“Semoga kegiatan hari ini bisa membahagiakan mereka, dan kedepan tentu kita harapkan masih bisa dilaksanakan,” pungkasnya.

Sementara salah seorang pengasuh panti asuhan yakni dari panti asuhan Ali Annafii, Zuriati, mengucapkan terimakasih kepada pihak mahasiswa prodi Fisika, umumnya Fakultas FMIPA yang telah mengadakan kegiatan ini.

“Tentunya ini sangat membantu kami, terutama dalam menyediakan kebutuhan untuk berlebaran mereka, dengan adanya kegiatan ini dana untuk hal itu bisa kami gunakan untuk keperluan lainnya,” ungkap Zuriati. (nik)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …