Rabu , 25 November 2020

Bergerak ke Masyarakat, ini yang Dilakukan Relawan Edukasi Corona Unilak

Riaupintar.id — Sebagai bagian partisipasi membantu pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk hidup bersih, menjaga kesehatan dan rajin mencuci tangan, Relawan Edukasi Corona Unilak mulai menunjukkan kinerjanya.

Rabu 1 April 2020, relawan yang terdiri dari BEM Unilak, organisasi kemahasiswaan, dan Menwa itu mulai bergerak ke setiap sudut jalan, mesjid, sekolah, Polsek Senapelan, Koramil Senapelan, pasar dan di lingkungan masyarakat, mereka dipimpin langsung oleh Presiden Mahasiswa (Presma) Unilak Amir Arifin Harahap.

Saat turun langsung ke tengah tengah masyarakat, para relawan menggunakan jaket almamater warna kuning, kemudian memberikan hand sanitizer kepada sekolah, mesjid.

Tidak itu saja mereka juga membawa spanduk yang berisikan ajakan untuk tetap berada dirumah, rajin mencuci tangan, jaga jarak dan hidup sehat seperti saat turun di RT O2 RW 11 Umban Sari Rumbai.

Amir yang dihubungi Rabu sore mengatakan, BEM unilak mendistribusikan hand sanitizer yang di produksi langsung oleh FKIP unilak.

Hand sanitizer tersebut di prioritaskan pembagiannya untuk tempat-tempat ibadah seperti mesjid, musholla dan lain lain.

“Kami sangat mengapresiasi Rektor unilak bapak Dr junaidi, S.S., M.Hum yang sudah bersedia untuk bersinergi melibatkan BEM unilak dan Menwa serta Organisasi Mahasiswa lainnya untuk turun langsung ke masyarakat mendistribusikan hand sanitizer produk unilak yg sangan membanggakan ini. Kami sangat senang dan bersemangat turun kemasyarakat hari ini,” Ujar Amir.

Dijelaskan Amir, saat di lapangan masyarakat banyak menyampaikan keluhan kepada mahasiswa, agar pemukiman mereka di semprot disinfektan, untuk itu kami minta kepada pemerintah pihak lainya untuk melakukan penyemprotan disinfektan khususnya bagi masyarakat kecamatan Rumbai dan Rumbai Pesisir tempat kita melakukan distribusi disinfektan.

“Kita juga membagikan hand sanitizer di koramil 03 Senapelan dan polsek Senapelan,dan alhamdulillah di sambut baik oleh bapak danramil dan bapak wakapolsek, Insya Allah besok kita akan lanjutkan pembagian hand sanitizer ke panti asuhan di kota pekanbaru. Untuk itu kami mengajak semua untuk bersatu cegah corona di bumi lancang kuning tercinta,” tutupnya.

Sementara Rektor Unilak Dr Junaidi.SS.MHum memberikan apresiasi atas apa yang dilakukan tim Edukasi Corona Unilak.

“Apa yang dilakukan oleh mahasiswa, BEM, Ormawa, Menwa patut dicontoh. Ini adalah bentuk semangat dan dukungan dari para mahasiswa untuk membantu Pemerintah dalam upaya penyebaran virus Corona. Relawan Unilak ini bergerak pada bidang edukasi dan sosialisasi, dan ini penting, masyarakat harus selalu terus diingatkan akan pentingnya tetap berada dirumah, rajin’ mencuci tangan dan menerapkan hidup sehat” Ucap Rektor.

Dijelaskan Rektor, Relawan Unilak merupakan bentuk dukungan unilak kepada pemerintah dan gugus tugas Covid 19 di Pekanbaru. Relawan ini tidak hanya mengedukasi di tengah tengah masyarakat tapi juga di di dunia maya lewat social media dan telah bergerak sejak 10 hari lalu.

“Di pertengahan Maret Unilak telah memberikan hand sanitizer kepada TNI polri, pengurus mesjid, panti asuhan dan masyarakat lainnya,” pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Mantap, Unilak Raih Anugerah KI Award untuk Ketiga Kalinya

Riaupintar.id — Untuk ketiga kalinya, Universitas Lancang Kuning (Unilak) kembali meraih anugerah Komisi Informasi (KI) …