Kamis , 21 November 2019

Besok, Doktor Mahdum Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Unri

Prof. Mahdum Muhammad Adanan, Ph.D., M.Pd., Drs

Riaupintar.id — Universitas Riau (Unri) kembali menambah Dua orang Guru Besar (Profesor), keduanya akan dikukuhkan oleh Rektor Prof Dr H Aras MUlyadi DEA, besok Selasa 22 Oktober 2019 di Aula Siak Sri Indrapura Lantai IV, gedung Rektorat Unri kampus Bina Waidya, Panam, Pekanbaru.

Dua orang Guru Besar yang akan dikukuhkan tersebut berasal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unri, yakni Prof Dr Mahdum Muhammad Adnan PhD MPd dan Prof Dr Yustina MSi. Dr Mahdum dikukuhkan sebagai Guru Besar pada bidang Teknologi Pendidikan, sementara Dr Yustina Guru Besar pada bidang Pendidikan Sains.

Dr Mahdum Senin 21 Oktober 2019 menjelaskan, Dia meraih gelar Doktor pada tahun 2014, Tiag tahun berikutnya atau pada tahun 2017, mengajukan persyaratan untuk meraih gelar Guru Besar, “Alhamdulilliah pada 1 Agustus 2019 disetujui atau telah memenuhi syarat,” jelas Mahdum yang merupakan Dekan FKIP Unri ini.

Mahdum menjelaskan, dengan akan dikukuhkannya Dua Guru Besar, hingga saat ini terdapat 13 Guru Besar dari berbagai disiplin ilmu di FKIP. Sejumlah Dosen lainnya juga tengah mengajukan atau mempersiapkan persyaratan untuk meraih gelar Guru Besar, mereka adalah Dr Hardiana, Dr Evi suryati, Dr Suarman, Dr Henni Indrawati, dan Dr Nur Islami.

“Tentunya dengan banyaknya Guru Besar di Fakultas, diharapkan akan semakin meningkatkan kualitas Fakultas tersebut. Terhadap dosen-dosen FKIP yang lainnya, kita di FKIP terus mendorong mereka untuk bisa meraih gelar Guru Besar,” pungkasnya.

Prof. Mahdum Muhammad Adanan, PhD, MPd, Drs, dilahirkan di Batu Panjang, pada tanggal 12 November 1960, beliau anak ke sembilan dari sebelas orang bersaudara. Lahir dari seorang ayah Muhammad Adanan (Alm) dan ibu Maryam (Almh). Menikah dengan Hadriana, PhD, MPd, Dra, anak dari Drs. Abdul Gani dan Hj. Rosnah. Pasangan ini dikaruniai 3 orang anak. Si Sulung bernama Mahadi Kurniawan, ST, MT. menikah dengan Siti Nur’aini, SE. Si Tengah bernama Indra Primahardani, SH, MH. menikah dengan Virsa Verasari SH. Si bungsu bernama Aulia Apriani, SE, M.Ak. menikah dengan Harri Firman SE. Sampai saat ini, pasangan harmonis ini telah dikaruniai lima orang cucu.

Profeor Mahdum merupakan Alumnus Program Doktor Falsafah Pendidikan Universiti Kebangsaan Malaysia tahun 2014 – bidang ilmu Sumber dan Tehnologi Maklumat (Teknologi Pendidikan) memperoleh Sertifikat Lulus Terbaik. Program Magister bidang ilmu Tehnologi Pendidikan Universitas Negeri Padang tahun 2008 dengan prediket Cumlaude. Sarjana Pendidikan Bahasa Inggeris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Pekanbaru tahun 1985 mahasiswa pertama memperoleh gelar Doktorandus (Drs) di Prodi Pendidikan Bahasa Inggeris FKIP UNRI.

Sampai saat ini sang Profesor sebagai dosen Program Pascasarjana Administrasi Pendidikan, Program Pascsarjana Pendidikan Ekonomi, dan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Universitas Riau. (nik)

Baca Juga

Hebat, Tim Peneliti Unilak Ciptakan Aplikasi WBS

Riaupintar.id — Tim riset Universitas Lancang Kuning (Unilak) berhasil mwnciptakan aplikasi whistleblowing system (WBS)/Atau lebih …