Jumat , 25 September 2020

Bulan Bahasa FKIP Unri Bagian dari Memperingati Sumpah Pemuda

Riaupintar.id — Bulan Bahasa merupakan salah satu program tahunan yang secara rutin diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (Unri).

Ketua Pelaksana FKIP Unri 2019, Arshal Zairuby menjelaskan, Bulan Bahasa dilaksanakan pada tanggal 28-30 Oktober setiap tahunnya yang bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda. “ini sebagai salah satu cara memperingati hari Sumpah Pemuda, juga sebagai peringatan ditetapkannya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional,” kata Dia, Sabtu 26 Oktober 2019.

Dijelaskannya, dengan tema “Eksplorasi Jati Diri Bangsa Melalui Cinta Bahasa dan Budaya Indonesia”, Bulan Bahasa diadakan sebagai ajang untuk mencari identitas diri dalam sastra dan bahasa, unjuk diri minat, bakat dalam bidang sastra dan bahasa, Bulan Bahasa sebagai wadah, tempat untuk mencari pengalaman dan latihan.

Kegiatan Bulan Bahasa berlangsung se-Pekanbaru, dengan tiga tingkat lomba dalam Bulan Bahasa yakni, SMA sederajat, Mahasiswa dan Umum. Untuk tingkat SMA/Sederajat ada lomba tulis puisi, tulis cerpen, debat bahasa, solo pop, pidato, dan baca puisi. Untuk tingkat mahasiswa ada lomba tulis puisi, tulis cerpen, solo pop, dan baca puisi. Untuk tingkat umum, yaitu lomba foto momen, desain logo, pewara, tulis esai, dan video dokumenter.

Dia menambahkan bahwa Bulan Bahasa tahun ini berlangsung selama tiga hari di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia unri tepat di depan Balai Bahasa. Acara pebukaan dan penutupan disiapkan sedemikian rupa menarik dan mewah dan juga disediakan spot foto untuk para peserta juga pengunjung untuk berfoto bersama.

“Dengan Bulan Bahasa menjadi wadah untuk menunjukkan minat dan bakatnya di bidang bahasa dan sastra,” harahapnya. (rls)

Baca Juga

Di Danau Tiga Mata Air Kuansing, Faperta UIR Tebar Bibit Ikan

Riaupintar.id — Terdiri dari 9.000 benih ikan baung dan 1.000 benih ikan puyu. Fakultas Pertanian …