Selasa , 17 Mei 2022

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Gadget agar Selalu Berfungsi Baik

Riaupintar.id — Cara menjaga kesehatan mata juga penting diperhatikan. Apalagi di era serba digital ini, semua aktivitas memerlukan alat-alat canggih seperti laptop dan android.

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tetap Berfungsi Baik

Tanpa kita sadari, kita telah merusak organ mata kita sendiri. Computer Vision Syndrome (CVS), merupakan sekelompok gejala yang berhubungan dengan gangguan penglihatan akibat penggunaan elektronik berbasis komputer.

Gejala yang diperlihatkan antara lain mata merah, pegal, penglihatan ganda atau kabur, bahkan pada beberapa kasus disertai sakit kepala, leher, punggung, dan pundak.

Atur Kecerahan Layar

Sebaiknya tingkat kecerahan layar diatur sesuai dengan cahaya yang berada di sekitar. Kecerahan yang relatif tinggi akan memicu kesehatan mata menurun seperti iritasi mata, mata cepat lelah, dan sakit.

Mengatur kecerahan terlalu rendah juga tidak disarankan. Hal ini akan membuat mata bekerja ekstra pada layar sehingga otot mata akan menegang dan mengakibatkan sakit kepala.

Metode 20-20-20

Metode ini diharapkan dapat mengurangi ketegangan pada mata. Prakteknya adalah setiap 20 menit usahakan mengalihkan pandangan dari layar gadget, buanglah pandangan sejauh 20 kaki atau setara 6 meter selama 20 detik.

Konsumsi Makanan yang Menunjang Kesehatan Mata

Konsumsi makanan sehat yang banyak mengandung vitamin A mampu mendukung fungsi kornea mata. Adapun kerja kornea adalah mampu membelokkan atau membiaskan cahaya sehingga bayangan suatu benda jatuh tepat di retina.

Jaga Jarak

Mata akan mudah lelah jika jarak pandangnya terlalu dekat dengan layar. Bukan hanya lelah, gangguan penglihatan lain yakni seperti mata kering dan otot mata menjadi tegang. Jarak idealnya adalah 40-50 cm.

Jaga Kelembaban Mata

Mata yang kering akan berakibat buruk, seperti kerusakan mata permanen. Oleh karena itu, kelembaban mata harus selalu dijaga dengan cara melumasinya ketika kering.
Hati-hati dengan pendingin ruangan yang ada di dalam ruangan kantor Anda. Hal ini juga dapat menyebabkan mata menjadi kering.

Konsumsi Sayuran Hijau

Usahakan selalu mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kangkung, sawi, dan lain-lain. Ekstrak sayuran hijau mampu menjaga kesehatan mata Anda. Jadi, konsumsilah secara teratur.

Vitamin Khusus Mata

Penurunan kemampuan penglihatan dapat dikurangi dengan mengkonsumsi multivitamin khusus untuk menjaga kesehatan mata. Jenis vitamin antioksidan yang dapat Anda konsumsi antara lain vitamin A, E, B12 dan B6, mineral, dan tembaga, beta karoten.

Cara menjaga kesehatan mata juga dapat ditempuh dengan kontrol gula darah, kolesterol, dan tekanan darah. Pastikan ketiganya berada dalam lingkup normal dan aman.**

Baca Juga

Sambut Perkuliahan Tatap Muka, Mahasiswa UMRI di Vaksin

Riaupintar.id — Menyambut perkuliahan tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang. …