Selasa , 17 Mei 2022

Cara Menjaga Organ Pernapasan yang Mudah untuk Diterapkan

66666663Riaupintar.id — Cara menjaga organ pernapasan penting untuk diperhatikan. Ditambah wabah Covid-19 yang saat ini tak kunjung usai dan masih menjadi momok yang mengerikan.

5 Cara Menjaga Organ Pernapasan

Organ yang pertama kali diserang oleh Coronavirus adalah pernapasan. Sebaiknya kita melakukan upaya pencegahan, mengingat obat yang tepat untuk menyembuhkan infeksi corona belum tersedia. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar organ pernapasan senantiasa sehat.

Olahraga Teratur

Cara menjaga dan merawat organ pernapasan yang efektif adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga akan membuat kita aktif bergerak. Hal ini dapat menjaga sirkulasi di tubuh berjalan lancar sehingga organ pernapasan, terutama paru-paru juga akan terjaga kesehatannya.

Mendapatkan Vaksin

Beberapa bulan terakhir, pemerintah gencar melakukan gerakan vaksin massal. Meski vaksin tersebut hanya akan memperkecil resiko tertularnya corona, ada baiknya Anda juga mendapatkannya.

Penyakit yang menyerang organ pernapasan bukan hanya corona. Namun penyakit pernapasan seperti pneumonia, flu, hingga TBC bisa dicegah dengan menerima vaksin tersebut. Dengan begitu, kesehatan organ pernapasan akan selalu terjaga.

Cukup Asupan Cairan

Asupan cairan yang cukup akan mencegah kondisi kekeringan pada paru-paru sehingga iritasi dapat dicegah. Cairan juga akan membantu sekresi mukus dari paru-paru sehingga mudah dikeluarkan. Biasakan konsumsi air putih minimal 6 hingga 8 gelas setiap hari.

Mencukupi Asupan Nutrisi

Umumnya, penyakit paru-paru dipicu oleh kekurangan nutrisi tertentu. Asupan nutrisi untuk menjaga kesehatan organ pernapasan adalah konsumsi makanan yang mengandung mineral dan vitamin. Banyaklah makan sayur, buah, dan sumber protein hewani seperti daging ayam.

Memelihara Tanaman Indoor

Pemeliharaan tanaman di dalam ruangan tidak hanya mempercantik ruangan. Namun, tanaman tersebut hadir sebagai pembersih alami udara sehingga kualitas udara juga akan terjaga. Bukan hanya sebagai pembersih, tanaman hidup tersebut juga mampu menjadi filter dari polutan yang bisa saja membahayakan saluran pernapasan.

Cara menjaga organ pernapasan sangat mudah kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa untuk selalu membersihkan diri baik itu mencuci tangan atau mandi setelah terkontaminasi dengan udara luar.**

Baca Juga

Sambut Perkuliahan Tatap Muka, Mahasiswa UMRI di Vaksin

Riaupintar.id — Menyambut perkuliahan tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang. …