Selasa , 17 Mei 2022

Ciptakan SDM Berkualitas Unilak-SMK Negeri Pekanbaru Jalin Kerjasama

Riaupintar.id — Dalam rangka peningkatan pembelajaran untuk memajukan SDM guru, siswa, pelatihan, peningkatan kompetensi dan tri dharma Perguruan Tinggi, Universitas Lancang Kuning (UnilK) Pekanbaru melakukan penandatanganan kerjasama dengan sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Pekanbaru, Senin 7 Februari 2022.

Dari pihak Unilak ditandatangani langsung oleh Rektor Unilak Dr Junaidi, dan dari SMK Negeri 5 juga langsung ditandatangani oleh Kepala Sekolah Drs Dwi Bowo Sukmono MM yang juga alumni Pascsarjana Unilak.

Selain penandatanganan kerjasama juga dilakukan motivasi dari Rektor dan tim Unilak. Didepan siswa kelas 12 dalam motivasinya Dr JUnadi menekankan bahwa dalam memasuki jenjang perguruan tinggi harus memiliki keinginan kuat. “Banyak orang yang mampu tapi tidak selesai kuliahnya, dan orang yang tidak mampu dapat menyelesaikan kuliahnya, ini adalah faktor niat,”

Dijabarkan Junaidi, selain soal faktor niat, dalam memilih perguruan tinggi juga perlu menentukan tempat kuliah. Sejak SMA harus sudah diputuskan tempat kuliah, tentunya harus dilakukan persiapan seperti nilai yang harus baik, karena akan bersaing dengan siswa siswa dari seluruh Indonesia.

Jika keinginan tempat kuliah yang ditujukan tidak tercapai harus telah memutuskan tempat kuliah alternatif, harus berpikir alternatif ini penting, yang penting bisa kuliah, persaingan saat ini ketat, maka dari itu kuliah mampu membuat kita siap untuk berkompetisi.

“Yang juga juga dalam kuliah adalah menentukan jurusan, pilih jurusan yang anda sukai, diminati, karena dengan memilih jurusan yang disukai akan membuat kita enjoy selama kuliah. Jika jurusan yang dipilih ternyata berbeda dengan orang tua, maka solusinya adalah dengan melakukan dialog, bisa juga meminta pendapat dengan guru guru, jurusan yang kita pilih juga akan menentukan masa depan kita, ” Ujar Dr Junaidi.

Unilak dan SMK Negeri 5 Pekanbaru merupakan dua institusi yang bersepadan, tiap tahun ratusan siswa sekolah ini memilih Unilak sebagai temapt kuliah. Saat memberikan motivasi Rektor Dr Junaidi juga berdialog dengan siswa-siswi sekolah,

Sementara Kepala sekolah SMK 5 Pekanbaru Dwi Bowo menyebutkan kerjasama dalam rangka pembelajaran peningkatan SDM siswa. Unilak perguruan tinggi yang hadir ke sekolah ini, beberapa waktu sebelumnya juga hadir kalangan dunia industri juga datang ke sini.

“Inilah siswa kami silahkan direbut untuk dicetak menjadi SDM profesional, dan berkualitas. Siswa SMK ketika tamat mereka bisa bekerja, melanjutkan (kuliah) dan wirausaha. Dan mereka didalam kurun waktu tiga tahun ini telah belajar, mesti terjadi pandemi dua tahun tetap mereka beraktifitas,” ujar Bowo.

Turut hadir dalam penandatanganan kerjasama Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal, Dekan Fakultas Teknik Dr Zainuri, dan Kabag Media Promosi M Revnu Ohara M Kom. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …