Kamis , 11 Agustus 2022

Demi Mengejar Mimpi Kuliah di Amerika, Dita Tinggalkan UIR

Riaupintar.id — Dita Putri Purnama mahasiswi prodi Teknik Perminyakan Angkatan 2019 Universitas Islam Riau lolos menjadi perwakilan indonesia dalam program Global Undergraduate Exchange Program (UGRAD) yang disponsori oleh US Department of State.
Proses seleksi beasiswa ini dikelola oleh AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) sebagai organisasi penjembatan antara Indonesia dengan pemberi beasiswa dalam hal ini Pemerintah Amerika Serikat dan dikelola oleh World Learning tersebut memberikan kesempatan kepada para mahasiswa aktif program S1 untuk menjalani kuliah singkat atau student exchange selama satu semester di universitas-universitas di Amerika Serikat.

Selain merasakan sensasi belajar di Amerika, finalis yang berhasil lolos pada program ini juga akan diberi kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pelayanan masyarakat serta orientasi saat kedatangan dan ikut andil mengikuti workshop pada akhir program.

Dita menuturkan peran prodi Teknik Perminyakan dalam memberikan informasi adanya program ini sangat besar

“Informasi mengenai program ini awalnya saya dapatkan dari prodi saya sendiri, lalu juga pembimbing saya di organisasi Society of Petroleum Engineering UIR yaitu pak Fiki HIdayat memfollow up saya untuk mengikuti program beasiswa ini” ungkap Dita

Selama kurun waktu enam bulan dari bulan januari hingga juni 2023 pada spring semester mendatang, Dita akan menjalani studi nya di University of Kansas yang terletak Jayhawk Boulevard Lawrence negara bagian Kansas. Dalam program tersebut juga semua biaya akomodasi berupa tiket pesawat, uang perkuliahan, asuransi kesehatan serta kecelakaan dan biaya hidup selama di Amerika akan ditanggung sepenuhnya oleh pemerintah Amerika Serikat.

Disana mahasiswi kelahiran Batam 21 tahun lalu ini berkesempatan mengambil dua belas course yang mana terdiri dari bidang petroleum engineering, beberapa bidang di luar keilmuan serta pembelajaran yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Amerika Serikat.

“Selama disana nantinya saya akan mempelajari beberapa mata kuliah selain mata kuliah prodi saya di UIR, maksud dari penggabungan ini agar apa yang saya pelajari seimbang” katanya

Selanjutnya, Dita juga berbagi kiat sukses mengembangkan diri agar bisa lolos pada program-program beasiswa seperti ini

“Perbanyak mencari informasi terkait beasiswa, persiapkan diri sejak awal masuk kuliah untuk masuk IPK, ikuti organisasi pendukung, kuasai bahasa inggris serta perbaiki CV dengan perbanyak achievement” pungkas Dita

Lebih lanjut mahasiswi yang aktif di organisasi Society of Petroleum Engineers Student Chapter Islamic University of Riau 2022 sebagai Vice President Internal juga mengatakan sampai saat ini ia sedang mempersiapkan beberapa dokumen untuk keberangkatan seperti Visa, Paspor, tiket pesawat serta beberapa persyaratan penerbangan dan kesehatan antara lain menyelesaikan vaksin Covid-19, Polio, DPT, MMR dan lain sebagainya. (rls)

Baca Juga

UNRI-UPSI Tingkatkan Layanan Pendidikan

Riaupintar.id — Sejumlah unsur dari Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI) melalui Unit Kediaman Luar Kampus …