Minggu , 29 November 2020

Dibuka Rektor Junaidi, Fekon Unilak Gelar Webinar Praktek Perubahan PSAK

Riaupintar.id — Dalam rangka peningkatan pengetahuan dan praktek tentang perubahan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 45 ke ISAK 35, Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (Fekon Unilak) menggelar webinar.

Webinar ini diikuti oleh lebih dari 400 peserta, dan dibuka oleh Rektor Unilak Dr.Junaidi.SS.M.Hum.

Sebagai moderator Neneng Salmiah,SE.MM AK.CA, dengan narasumber Ahalik.SE.MAkCMA, turut hadir dekan fakultas ekonomi Dr.Arizal SE.MM. sektretaris IAI wilayah Riau Dr.Jeni Wardi.

Mengawali sambutannya sebelum membuka acara, Rektor Junaidi menyampaikan apresisasi kepada Prodi Akutansi yang menggelar webinar. Ini sangat bermanfaat. Karena perubahan trus terjadi, bagi yang mengeluti bidang akutansi dapat mengikuti perubahan tersebut dan mengetahui tentang finansial accounting standard.

“Saat ini mesti ada Covid kita tetap dapat menggelar kegiatan yang positif secara online tanpa mengurangi subtansi. Ini sangat bagus dan tentunya akan sangat bermanfaat bagi peserta,” ujar Rektor.

Di jelaskan rektor, Unilak terus mendorong kegiatan-kegiatan yang melibatkan praktisi, karena dalam dunia kampus itu sangat penting. Sehingga akan membuka wawasan. Ilmu-ilmu teori dan praktek harus dihubungkan dan dikorelasikan.

“Kedepannya saya berharap akan terus melibatkan akademik dan praktisi dalam kegiatan kegiatan akademik, Kombinasi ini saat ini sangat penting bagi kemajuan perguruan tinggi,”ujar Rektor mengakhiri sambutan.

Sementata, Dekan Fekon Unilak Dr.Arizal di awal sambutannya mengatakan, bahwa peserta yang mendaftar melebihi dari kuota yaitu lebih dari 1000 orang, dan pagi ini sebanyak 400 peserta telah bergabung, pelaksanaan webinar ini berkat kerjasama antara prodi akuntansi dengan IAI Riau, peserta berasal BPK, profesional, praktisi, perguruan tinggi di Indonesia, diantaranya Tri Sakti, Unri, Perbanas, dan lain lain.

“Tujuan memberikan pengetahuan kepada peserta dari kalangan praktisi akutansi pajak. Pemerintah, dan profesional. Dalam memahami penerapan pelaporan keuangan nirlaba”.

Pelaksanaan webinar ini juga bekerjasama dengan ikatan akutansi Indonesia wilayah Riau. Menurut Sekretaris IAI wilayah Riau Dr. Jeni Wardi menyampaikan, IAI mengucapkan terima kasih kepada fakultas ekonomi Unilak yang telah bekerjasama dengan IAI. Webinar ini sangat berguna bagi peserta untuk menambah wawasan penerapan kewajiban pembelajaran, dan perkembangan dunia akutansi di Indonesia.

“Ini tidak hanya sekedar teori tapi mengetahui perubahan yang terjadi. Topik ini penting, perubahan PSAK 45 akan berlaku 2020 dan harus tau secara mendetail standar dan sertifikasi psak 45 ke 35. Semoga kedepannya akan terus meningkat kerjasama IAI dengan prodi akutansi Unilak,” sebutnya.

Sebagai informasi PSAK adalah Standar ini merupakan pedoman prosedur dalam membuat laporan keuangan akuntansi. Bagi seorang akuntan, pernyataan standar adalah pedoman yang digunakan untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku. Sementara ISAK 35 merupakan penyajian Laporan Keuangan Entitas Berorientasi Nonlaba yang telah ditetapkan oleh dewan standar akuntansi keuangan. (rls)

Baca Juga

Ini Rekomendasi dari FGD Dewan Pendidikan Provinsi Riau

Riaupintar.id — Sejauh ini belum ada data pasti berapa besar lulusan SMA, termasuk lulusan SLB …