Kamis , 1 Oktober 2020

Dibuka Rektor UIR, Conferensi International ICooseh dan ICooset 2019 Diikuti Empat Negara

Riaupintar.id — Menghadirkan keynote speaker dari 4 negara, International Conference on Social, Economy, Education and Humanity (ICoseeh) dan International Conference on Science, Engineering and Technology (ICoseet) Tahun 2019 resmi dibuka oleh Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL, Kamis 4 September 2019 siang.

Keynote speaker dari 4 negara yang dihadirkan adalah Prof Shigeo Sugimoto (University of Tsukuba), Prof Dr Kulthida Tuamsuk (Khon Kaen University), Prof Dr Faridah Ibrahim (Infrastructure University Kuala Lumpur), Prof EE Peng Lim (Singapore Management University), Prof Dr Ir Sharul Kamal Abdul Rahim (Universiti Teknologi Malaysia), Assoc. Prof Yuichi Sugai (Kyushu University Japan) dan Assoc. Prof Dr Norma binti Alias (Universiti Teknologi Malaysia).

Conference bertajuk, ‘Sustainable Development in Developing Country for Facing Industrial Revolution 4.0’ ini diikuti lebih dari 200 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Empat Negara.

Rektor Syafrinaldi dalam kesempatan itu berharap kepada peserta dapat memanfaatkan forum ilmiah ini tidak hanya untuk bersilaturrahmi tetapi membahas berbagai persoalan terkait Sustainable Development in Developing Country for Facing Industrial Revolution 4. Ia mengaku senang dapat hadir di tengah-tengah peserta apalagi conferensi ini menghadirkan para pakar dari berbagai disiplin ilmu dalam beberapa negara.

”Selamat datang saya ucapkan kepada keynote speaker. Mudah-mudahan anda enjoy berbagi ilmu dalam conference ini,” kata Rektor yang menyampaikan sambutannya dalam bahasa Inggris.

Ia sangat yakin, banyak pengetahuan baru yang bisa dishare para peserta dalam conference. Dan, semua pengetahuan itu diadopsi oleh keynote speaker sesuai disiplin ilmu dan perkembangan dunia. ”Kita sekarang berada di era Revolusi Industri 4.0, sebuah zaman yang ditandai dengan perkembangan tekhnologi informasi,” ujar Rektor.

Dalam conference ini, para peserta selain mendengar paparan makalah dari keynote speaker mereka juga harus menyampaikan paper baik secara personal maupun kelompok dalam diskusi kelas. Menurut Ketua Panitia Dr Arbi Haza Nasution, pihaknya sudah menerima 140 paper untuk dua bidang conference (ICooseh dan ICoseet). Semua paper telah diaccepted melalui seleksi yang sangat ketat oleh beberapa reviewer.

“Paper tidak hanya datang dari peserta di Indonesia tapi juga Jepang, Malaysia, Thailand dan Singapure. Saya berterima kasih kepada peserta yang telah berpartisipasi penuh mengikuti conference”, ucap Arbi Haza.

Direncanakan, di samping berconference para peserta juga akan dibawa city tour ke berbagai tempat wisata di Pekanbaru. Begitu pun dengan keynote speaker. Direncanakan, Sabtu pagi (7/9) mereka akan berkunjung ke Universitas Islam Riau bertemu Rektor UIR Syafrinaldi untuk membahas berbagai hal termasuk kerjasama international di universitas mereka mengajar. (rls)

Baca Juga

Di Danau Tiga Mata Air Kuansing, Faperta UIR Tebar Bibit Ikan

Riaupintar.id — Terdiri dari 9.000 benih ikan baung dan 1.000 benih ikan puyu. Fakultas Pertanian …