Sabtu , 26 September 2020

Diketuai drg Helda S Munir, Satgas Penanggulangan Covid-19 PW Muhammadiyah Riau Terbentuk

Riaupintar.id — Merujuk pada Maklumat Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dan mencermati perkembangan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Riau serta dampak yang ditimbulkannya, Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Riau bentuk satuan tugas penanggulangan wabah Covid-19 yang disebut Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center.

Satgas yang dibentuk melalui SK Nomor : 007/KEP/II.0/D/2020 itu diketuai oleh drg Helda Suryani Munir.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh ketua PW Muhammadiyah Riau Dr Saidul Amin MA dalam arahan rapat virtual pada Selasa malam 31 Maret 2020 bersama para pimpinan Organisasi Otonom, Majelis dan Lembaga, Amal Usaha tingkat wilayah.

“Bismillahirrahmanirrahiim, pada malam hari ini saya telah menandatangani SK penunjukan Bapak dan Ibu sekalian sebagai personalia Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center, saya berharap kita semua dapat mengemban amanah ini dengan ikhlas sebagai amal kebaikan karena ini adalah tugas yang mulia,” ujar Saidul Amin.

Menurut Saidul Amin seraya mengutip sebuah hadis sahih bahwa orang yang stay at home ketika wabah penyakit (taun) atau virus terjadi, maka Allah akan memberikan pahala sama dengan orang mati syahid. Lalu bagaimana pula balasan yang diberikan Allah kepada mereka yang tidak diam, tapi justeru bergerak dinamis untuk menyelamatkan orang lain dan berupaya dengan daya, upaya dan doa agar badai cepat berlalu. Tentu pahalanya akan jauh lebih mulia dari orang yang mati syahid.

“Semoga balasan seperti ini yang akan didapatkan oleh seluruh penggerak personalia Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center” ujar Saidul Amin mengakhiri.

Adapun personalia yang ditunjuk dalam Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center itu, drg Helda Suryani Munir dibantu beberapa tenaga medis dari klinik Muhammadiyah dan Klinik Aisyiyah, tenaga bidang jaringan relawan Persyarikatan, bidang pusat data, informasi dan publikasi, bidang pendidikan dasar menengah dan tinggi serta bidang ketahanan pangan.

Sementara, ketua Muhammadiyah Riau Covid-19 Comand Center drg Helda Suryani Munir mengatakan bahwa dibentuknya tim ini relevan dengan upaya pemerintah. Karenya pihaknya akan melakukan berbagai langkah diantaranya membentuk jaringan tim hingga pada level Daerah, Cabang dan Ranting Muhammadiyah se provinsi Riau.

“Langkah awal yang akan kita lakukan diantaranya adalah membentuk jaringan tim hingga pada level Daerah, Cabang dan Ranting. Ini penting karena bersamaan dengan itu kita akan mudah melakukan pendataan dan update penyebaran covid-19, dampak yang ditimbulkan, edukasi informasi serta menginventarisir sumberdaya bidang medis dan lainnya serta penggalangan dana melalui Lembaga Amil Zakat Muhammadiyah (LAZIS Mu),” sebut Helda. (rls)

Baca Juga

Di Danau Tiga Mata Air Kuansing, Faperta UIR Tebar Bibit Ikan

Riaupintar.id — Terdiri dari 9.000 benih ikan baung dan 1.000 benih ikan puyu. Fakultas Pertanian …