Selasa , 17 Mei 2022

Dilaunching Gubri, UMRI Target Terima Tiga Ribu Mahasiswa Tahun ini

Riaupintar.id — Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) Rabu 26 Januari 2022 resmi membuka pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) tahun akademik 2022/2023, kegiatan ini di launching oleh Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi.

Gubri Syamsuar saat melaunching didampingi oleh Rektor UMRI Dr Saidul Amin MA dan Wakil Rektor I Sri Fitria Retnawaty SSi MT.

Dalam sambutannya, Gubri Syamsuar menyampaikan bahwa meski masih berusia relatif muda, UMRI saat ini telah berkembang cukup pesat.

Jika diawal berdiri terdiri dari 5 Fakultas dengan 13 Program Studi, hari ini telah ada 8 Fakultas dengan 26 Program Studi.

“Begitu juga dengan jumlah Mahasiswa, diawal berdiri terdiri dari 421 mahasiswa, hari ini tercatat 13.000 mahasiswa, ini tentu yang patut kita syukuri,” kata Syamsuar.

Saat itu mantan Bupati Siak dua periode ini juga menyebut perkembangan yang cukup cepat tersebut tak terlepas dari peran berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta.

Khusus dari Pemprov Riau menurutnya dalam memajukan SDM ini, telah dianggarkan dana yang cukup besar. “Tahun lalu telah kita kucurkan dana sebesar Rp 88 miliar lebih untuk beasiswa bidik misi, beasiswa prestasi dan beasiswa kurang mampu,” jelas Syamsuar.

Sementara Rektor Saidul Amin memaparkan bahwa target menerima sebanyak 3 ribu lebih mahasiswa ini merupakan sesuatu yang harus dikerjakan bersama dalam mewujudkannya.

“Tentunya agar ini bisa terealisasi, maka kerja keras kita seluruh civitas akademika diperlukan, meski saat ini pandemi Covid-19, kita optimis ini bisa terealisasi, bantuan rekan-rekan media tentunya juga akan membantu kami,” sebutnya.

Untuk pelaksanaan PMB ini dilakukan secara online. “Dapatkan informasi lainnya seputar PMB ini di website resmi umri : http://www.umri.ac.id,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Rektor Saidul Amin juga menyampaikan bahwa seiiring dengan pelaksanaan PMB tersebut, terjadi kekurangan jumlah ruang belajar sebanyak 40 lokal, pelaksanaan peletakan batu pertamanya akan dilaksanakan pada Februari mendatang bersamaan pengukuhan Rektor.

“Dan untuk pembangunan ruang belajar baru tersebut, kita tidak bertumpu pada bantuan pemerintah semata, kami menghimbau kita semua untuk mau berwakaf. Contohnya pak Gubri mengabil dua lokal untuk nama kedua orang tua nya, ataupun pak Isjoni satu lokal dibuat nama isterinya,”ajak Saidul Amin. (nik)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …