Kamis , 1 Oktober 2020

Doktor Junaidi Rektor Terpilih Unilak Periode 2019-2023

Dr Junaidi (tengah) bersalaman dengan Dr.Eddy Asnawi dan Dr.Iriansyah.

Riaupintar.id — Melalui sidang senat terbuka pemilihan rektor universitas Lancang Kuning (Unilak) yang berlangsung secara kekeluargaan, tertib dan demokratis, Dr. Junaidi.M.Hum ditetapkan sebagai Rektor terpilih Unilak periode 2019-2023.

Dr.Junaidi meraih 17 suara mengungguli dua calon lainnya yaitu Dr.Eddy Asnawi yang meraih 14 suara, Dr. Iriansyah meraih dua suara dengan total suara 33 suara.

Pelaksanaan pemilihan rektor berlangsung sejak jam 9 pagi dan berakhir jam 12 siang, sebelum pelaksanaan pemungutan suara, tiga calon rektor memaparkan visi misi di depan sidang, selain itu para senat juga diberikan kesempatan bertanya kepada calon. Sidang dipimpin oleh Dr.Hj.Hasnati, sebagi ketua, dan anggota yaitu Prof.Dr.Syafrani, Dr.Hamzah ST.MT Ermina Sari STP MScdan Drs.M.Thamrin.MM.

Proses pemilihan rektor diawali dengan pembacaan tatib, setelah itu proses pemaparan visi misi, disaat proses pemaparan visi misi, senat diberikan kesempatan bertanya.

Setelah itu dilanjutkan dengan pemungutan suara yang dilakukan oleh 33 senat, kemudian masing-masing senat memasukkan suara ke dalam kotak, setelah selesai dilanjutkan dengan penghitungan suara. Disaksikan oleh lebih dari 100 orang, surat suara satu persatu dikeluarkan, dibacakan, dan kemudian dihitung.

Hasilnya Dr.Juanaidi yang saat ini menjabat sebagai wakil Rektor I, menjadi Rektor terpilih Unilak periode 2019-2023.

Ketua Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof.Dr.Irwan Effendi saat ditemui menyampaikan ucapan selamat kepada Dr Junaidi, dan pihak Yayasan menurutnya akan mendukung penuh siapapun yang terpilih.

“Untuk mewujudkan Unilak Unggul itu perlu dilakukan secara bersama-sama. Dan tadi sebagaimana kita lihat, proses pemilihan Rektor ini berjalan lancar dan tertib, ini kita apresiasi. Dan kepada Rektor terpilih kita ucapkan selamat,” sebut Prof.Irwan.

Di tempat yang sama Rektor Unilak Dr.Hj.Hasnati berharap Rektor yang terpilih amanah dan dapat memajukan Unilak, “dan proses pemilihan tadi berlangsung secara damai, dan silaturahim ini dapat terjaga, dan kekompakan ini membuat Unilak maju,” sebutnya.

Sementara itu dua calon rektor lainnya yang ditemui yaitu Dr.Eddy Asnawi dan Dr.Iriansyah juga memberi ucapan selamat kepada Dr Junaidi, dan menyebut kalau proses demikrasi pemilihan Rektor di Unilak berjalan dengan baik.

Dr Junaidi menerima ucapan selamat pasca terpilih menjadi Rektor Unilak periode 2019-2023.

“Proses demokrasi telah kita laksanakan dan saya berterima kasih kepada anggota senat yang telah memilih saya, dan saya memberikan dukungan kepada rektor terpilih, dan saya menerima hasil senat ini, dan harapan saya Rektor terpilih bisa membawa Unilak jaya dan unggul empat tahun kedepan,”sebut Eddy Asnawi.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr.Iriansyah, menurutnya kompetisi hanya saat pemilihan, “sekarang proses sudah selesai mari kita bersama sama dukung Rektor terpilih untuk memajukan Unilak,” pungkasnya.

Usai terpilih kemudian seluruh Civitas akademika Unilak memberikan ucapan selamat kepada Dr Junaidi. Diawali dengan ketua yayasan pendidikan Raja Ali Haji, Prof.Dr.Irwan Effendi, Rektor Unilak, Dr.Hj.Hasnati,bcalon Rektor, anggota senat, guru besar,dekan, dosen dan pegawai. (rls)

Baca Juga

Di Danau Tiga Mata Air Kuansing, Faperta UIR Tebar Bibit Ikan

Riaupintar.id — Terdiri dari 9.000 benih ikan baung dan 1.000 benih ikan puyu. Fakultas Pertanian …