Minggu , 7 Maret 2021

Dosen Fekon Unilak Adakan Pelatihan Metode Daring Ditengah Pandemi Covid-19

Riaupintar.id — Pandemi Covid-19 telah memberi dampak nyata bagi berbagai sektor, salah satunya adalah dibidang pendidikan. Aktiftas pendidikan banyak yang beralih dari luring ke daring, tak terkecuali di lingkungan perguruan tinggi.

Berbentuk pengamdian kepada masyarakat, sebagai upaya memudahkan pembelajaran daring dilingkungan perguruan tinggi khususnya di Universitas Lancang Kuning (unilak), dosen fakultas ekonomi Unilak mengadakan pelatihan metode daring di saat pandemi Covid-19, sebagai  peserta yaitu dosen Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Unilak.

Dilakukan secara daring melalui aplikasi Google meet, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Desember 2020 lalu dan diikuti oleh 9 orang peserta terdiri dari 7 orang dari Fakultas Ekonomi dan 2 orang dari Fakultas Kehutanan.

Sebagai pemateri sebagai ketua Zaharman, SE., M.Si., Ak, CA dan dua orang anggota Arini, SE., M.Ak., Ak., CA, Serly Novianti, SE., M.Ak. Menurut salah seorang dosen Unilak, Arini yang dihubungi Kamis, 14 Januari 2021, menyebutkan, tujuan pengadian ini memberikan solusi kepada dosen Yayasan Raja Ali Haji mengenai metode pembelajaran daring; memberikan minat, motivasi dan semangat mahasiswa/i dalam belajar yang mengakibatkan tingginya kompetensi mahasiswa/i disaat pandemi Covid-19; dan meningkatkan pemahaman mahasiswa/i pada mata kuliah yang diajar dosen pengampu sehingga mahasiswa/i bisa berprestasi.

Dijelaskan Arini, selama kegiatan berlangsung dengan diskusi dan tanya jawab. Materi yang diberikan berupa tutorial dan mempraktekkan cara membuat akun, membuat soal, memberikan soal, cara join di quizizz, cara melihat hasil, dan cara mengintegrasikan quizizz dengan google classroom.

Sebagai Informasi Quizizz merupakan sebuah web tool untuk membuat permainan kuis interaktif untuk digunakan dalam pembelajaran dalam di kelas dan penggunanya sangat mudah. Pada pelaksanaan pelatihan metode daring mengintegrasikan  Quizizz dengan google classroom para peserta tampak senang dan paham.

“Sebelum kegiatan dimulai, tim pemateri memberikan pre-test kepada Dosen Yayasan Raja Ali Haji Universitas Lancang Kuning yang dimaksudkan untuk mengetahui apakah dosen-dosen tersebut sudah mengetahui tentang game Quizizz ini, tanggapan dosen-dosen tersebut terhadap adanya pelatihan metode daring menggunakan Quizizz ini serta pemanfaatan pelatihan ini sehingga Mahasiswa/I lebih berminat, termotivasi, dan bersemangat didalam perkuliahan,” ujar Arini. (rls)

Baca Juga

Secara Daring, Tim PKM FE Unilak Adakan Webinar Publikasi Internasional

Riaupintar.id — Mengambil tema “Mengapa Jurnal Ilmiah International yang berkualitas menerima naskah publikasi ilmiah.” Tim …