Jumat , 27 November 2020

Dosen Unilak Beri Penyuluhan Tentang Keamanan Instalasi Lisitrik Untuk Warga Rumbai

Riaupintar.id — Untuk memberikan keselamatan manusia dari bahaya kejut listrik, keamanan instalasi listrik beserta perlengkapannya, keamanan gedung serta isinya dari kebakaran akibat listrik dan perlindungan lingkungan, Dosen Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning Abrar Tanjung, ST MT dan Zulfahri ST MT mengadakan kegiatan penyuluhan dan pelatihan pengabdian masyarakat Kecamatan Rumbai.

Penyuluhan Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan pada Rabu tanggal 15 Januari 2020 di Aula Kantor Kecamatan Rumbai. Pengabdian ini dihadiri oleh utusan dari 9 Kelurahan, PKK, Karang Taruna dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) serta dari KNPI. Kegiatan pengabdian IbM dibuka dan ditutup oleh Camat Kecamatan Rumbai ibu Vemi Herliza, S.STP.

Dalam Sambutan Camat Rumbai, Vemi menyambut baik kegiatan dan berharap dengan kegiatan ini warga masyarakat di lingkungannya dapat menambah wawasan dalam permasalah instalasi listrik baik di perumahan dan bangunan lain.

”Dengan adanya pengabdian dari dosen fakultas teknik Unilak, kami berharap dapat mengurangi permasalahan tentang bahaya dan akibat kebakaran serta peserta sebagai menyampaikan informasi dari penyuluhan kegiatan pengabdian ini kepada warga masyarakat lainnya. Beliau juga berharap agar kegiatan pengabdian ini dapat di lanjutkan pada masa yang akan datang secara berkelanjutan,” ujar vemi.

Dari pengabdian ini solusi yang ditawarkan adalah Penyadaran Tentang Pengetahuan Tentang Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 dan Standarisasi Kelistrikan, Penyuluhan Tentang Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 dan Standarisasi Ketenagalistrikan, Pemahaman Dan Pengetahuan Tentang pemasangan peralatan listrik sesuai dengan Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2011 dan standarisasi kelistrikan, serta Pendampingan dan Evaluasi.

Abrar Tanjung, S.T., M.T sebagai ketua IbM sangat berterima kasih khususnya kepada Camat Kecamatan Rumbai Pesisir yang telah bersedia dan menerima kegiatan ini dengan sangat baik.

“Kami berharap kegiatan pengabdian ini dapat bermanfaat bagi warga masyarakat di lingkungan Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru dan dapat mengatasi gangguan dan permasalahan pada instalasi listrik serta dapat mencegah terjadi kebakaran yang di akibatkan oleh konsleting, pemakaian bahan dan peralatan listrik yang tidak sesuai dengan PUIl 2011 dan Standar Nasional Indonesia,” tutup Abrar. (rls)

Baca Juga

Ini Rekomendasi dari FGD Dewan Pendidikan Provinsi Riau

Riaupintar.id — Sejauh ini belum ada data pasti berapa besar lulusan SMA, termasuk lulusan SLB …