Selasa , 19 Januari 2021

Dosen Unilak: Medsos Memiliki Kekuatan Besar untuk Meningkatkan Penjualan

Riaupintar.id — Era kemajuan teknologi komunikasi saat ini jika dimanfaatkan dengan baik akan mampu meningkatkan penjualan suatu produk. Memanfaatkan keberadaan Media Sosial (Medsos) adalah salah satu solusinya.

Atas dasar itulah, guna membantu peningkatan penjualan mobil di CV Jaya Mobilindo Pekanbaru, tiga dosen fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat  dengan memberikan pelatihan sosial media.

Pelatihan dilakukan dari bulan September 2020- Januari 2021 dengan diikuti oleh 20 karyawan.

Tiga dosen yang terlibat yaitu, ketua Faizah Kamilah, SE, M.Ak, Ak, anggota Zulia Khairani, SE, MM, dan Efrita Soviyanti, SE, MM.

Sebelum pemberian pelatihan tiga dosen Unilak telah melakukan survei, dan memberikan kuisioner, hasil dari survei, diperoleh informasi bahwa sangat jarang diadakan pertemuan yang membahas tentang peningkatan pengetahuan dengan media sosial, selain itu diperlukannya meningkatkan pengetahuan mengenai berbagai alternatif dalam pemasaran produk (mobil), dan karyawan belum  pernah disosialisasikan  dan mengikuti pelatihan bagaimana cara mempromosikan produk di media sosial.

Dijelaskan salah seorang dosen Unilak, Faizah, pelatihan dan pendampingan yang diberikan bertujuan untuk  meningkatkan pengetahuan  untuk memasarkan produk mengunakan media sosial khususnya pasar bursa mobil sehingga mereka memiliki potensi yang lebih besar untuk memasarkan produk mereka kewilayaah yang lebih luas.

Yang kedua meningkatkan pengetahuan mengenai cara cara yg dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah potensi calon konsumen, sehingga potensi penjulan mereka juga akan meningkat. Ketiga meningkatkan kreatifitas anggota mitra melalui media sosial dengan menampilkan gambar gambar produk yang menarik.

“Kemampuan  memasarkan  produk dengan memanfaatkan media sosial  sangat  dibutuhkan  dan peluangnya sangat  besar  saat  ini, karena masyarakat sudah banyak yang  memilih untuk belanja online baik melalui toko online yang sudah banyak, sering juga masyarakat akhirnya belanja karena melihat tampilan yang menarik,” ujar Faizah saat dihubungi, Rabu 6 Januari 2021.

Ditambahkanya, salah satu kunci memasarkan lewat media social adalah kretaifitas, dan keunikan dalam tampilan yang akan dibagikan di media sosial yang dipilih akan  sangat  besar pengaruhnya  pada  keberhasilan memikat  calon  konsumen sehingga akhirnya memutuskan untuk membeli. (rls)

Baca Juga

Secara Daring, Tim PKM FE Unilak Adakan Webinar Publikasi Internasional

Riaupintar.id — Mengambil tema “Mengapa Jurnal Ilmiah International yang berkualitas menerima naskah publikasi ilmiah.” Tim …