Senin , 18 Oktober 2021

Dukung Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi, UIR Launching Aplikasi Cerdas

Riaupintar.id — Secara daring di Lantai II Gedung Rektorat Kampus Universitas Islam Riau Jalan Kaharuddin Nasution 113 Pekanbaru Kamis 11 Maret 202, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi melaunching Aplikasi Cerdas (Center of E-Learning and Educational for Students).

Lanching aplikasi tersebut dalam rangka mendukung proses pembelajaran di masa Pandemi Covid-19.

Aplikasi Cerdas merupakan sistem berbasis web yang ditujukan untuk mendukung proses pembelajaran secara daring terutama di masa Pandemi Covid-19 pada semester genap tahun akademik 2021/2022. Melalui Aplikasi Cerdas, Rektorat dengan mudah dapat melakukan monitoring terhadap proses pembelajaran dosen dan mahasiswa.

Menurut Kepala Simfokom UIR Hendra Gunawan, pengembangan sistem Cerdas oleh Lembaga Simfokom telah dimulai sejak April 2020. Aplikasi Cerdas memiliki kelebihan dibanding e-leraning lain yang selama ini digunakan dosen dan mahasiswa untuk belajar.

Diantara kelebihan tersebut, kata Hendra Gunawan, Cerdas terintegrasi dengan SIKAD (Sistem Informasi Akademik) Universitas Islam Riau. Cerdas juga memiliki fitur life (tatap muka dua arah), dan dapat dengan mudah dimonitoring oleh lembaga mutu UIR.

”Kami juga sedang berupaya agar cerdas terintegrasi ke Biro Keuangan sehingga pelaporan tatap muka dosen tidak lagi menggunakan dilakukan secara konvensional, akan tetapi bisa langsung diakses oleh Biro Keuangan,” kata Hendra Gunawan.

Fitur-fitur lain, disebut Hendra Gunawan, akan terus dikembangkan sehingga aplikasi ini dapat beradaptasi dengan perkembangan tekhnologi kekinian. Semoga melalui Cerdas pembelajaran daring di era Pandemi Covid-19 berjalan dengan baik.

Rektor UIR Prof Syafriadi menyambut gembira selesainya aplikasi Cerdas oleh Biro Simfokom. Ia menyebut, sistem ini merupakan tindak lanjut dari sistem pendidikan yang dianjurkan Menteri Pendidikan dalam proses pembelajaran pada masa Covid-19.

Sistem ini sekaligus menjadi kebanggaan bagi Civitas Akademika UIR yang selama ini pembelajarannya menggunakan berbagai aplikasi, seperti google class room, whatshapp, zoom meeting atau google meet. Tapi sekarang UIR sudah mempunyai aplikasi cerdas yang dapat dimanfaatkan baik oleh internal maupun eksternal kampus.

Karena sistem ini terintegrasi ke Sikad UIR, maka akan dengan mudah bagi Rektorat melakukan monitoring pembelajaran baik menyangkut materi yang diajarkan dosen kepada mahasiswa, absensi maupun pelaporan tatap muka.

Begitu pun eksternal. Aplikasi ini dapat membantu BAN PT melakukan visitasi terhadap penilaian akreditasi pada masing-masing program studi.

”Semua pertanyaan-pertanyaan accesor dalam visitasi dapat diakses pada fitur Cerdas sehingga Ketua Program Studi tidak perlu lagi menyodorkan dokumen-dokumen secara konvensional,” ucap Syafrinaldi.

Semoga aplikasi kebanggaan ini dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung proses pembelajaran di masa Pandemi Covid-19.(rls)

Baca Juga

62 Mahasiswa FKIP Unilak Mengikuti Yudisium XXII

Riaupintar.id — Bertempat di hotel Tjokro, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning …