Senin , 30 Januari 2023

Fadhilah dan Niat Shalat Dhuha

Ilustrasi Sholat Dhuha

Riaupintar.id — Sesuai dengan namanya, shalat Dhuha adalah sholat sunnah yang dilaksanakan pada pagi sampai siang hari dalam waktu Dhuha. Yakni dimuali setelah matahari terbit agak tinggi sampai sebelum masuk waktu Zuhur.

Dikutip dari buku Dikejar Rezeki karena Shalat malam, Shalat Dhua hukumnya sunnah muakkad, artinya setiap Muslim benar-benar dianjurkan untuk melaksanakan shalat ini secara rutin mengingat fadhilahnya yang besar. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda:

“Dari Abu Dzar dari Nabi saw, bahwa beliau telah bersabda, ‘setiap hari bagi setiap persendian dari salah seorang di antara kalian terdapat kewajiban untuk bersedekah. Setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar makruf nahi munkar adalah sedekah. Semua itu tercukupkan dengan dua rakaat shalat yang dilakukan di waktu Dhuha,” (HR.Muslim)

Zainuddin Abdul Aziz al-Malibari dalam kitab Fathul Mu’in menerangkan bahwa shalat Dhuha disunnahkan berdasarkan firman Allah Ta’ala:

“Sesungguhnya kami menundukkan gunung-gunung untuk bertasbih bersama dia (Daud) di waktu petang (al-‘Asyiy) dan pagi (al-Isyraq),” (QS: Shaad (38):18)

Ibnu Abbas mengatakan bahwa maksud dari shalat Isyaraq (pagi) adalah shalat Dhuha. Adapun dalil hadis yang menyebutkan kesunnahan shalat Dhuha jumlahnya cukup banyak. Salah satunya adalah hadis dari Abu Hurairah ra., ia mengatakan:

“Kekasihku, Rasullah saw. berpesan tiga hal kepadaku; Puasa tiga hari setiap bulan, shalat Dhuha dua rakaat, dan agar aku melakukan shlat Witir sebelum tidur.” (HR. Muslim).

Waktu pelaksanaan shalat Dhuha adalah setelah matahari terbit sempurna hingga meninggi sampai masuk waktu sebelum Zuhur. Akan tetapi perlu diingat bahwa waktu Dhuha diapit oleh waktu yang didalamnya haram dilaksanakan shalat. Dua waktu tersebut adalah selepas Subuh hingga matahari terbit dan waktu ketika matahari tepat ditengah-tengah langit hingga tergelincir kearah Barat.

Berikut Niat Shalat Dhuha

Ushalli sunnatadh-duhaa rak’ataini lillahi ta’alaa

“Saya berniat shalat sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Baca Juga

Hari Ini Milik Anda

Riaupintar.id — Jika kamu berada di pagi hari, janganlah menunggu sore tiba. hari inilah yang …