Kamis , 29 Juli 2021

Fakultas Hukum Unilak Gelar Yudisium LXII, Dekan Minta Menjaga Nama Baik Almamater

Riaupintar.id — Mengangkat tema Penguatan Kompetensi Lulusan Berbasis Kesadaran Budaya dan Teknologi, Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menggelar Yudisium LXII, Selasa, 23 Maret 2021, di hotel Pangeran Pekanbaru.

Turut dihadiri Rektor Unilak Dr Junaidi SS, M.Hum, yudisium ini di buka oleh Dekan Fakultas Hukum Unilak Dr. Fahmi.SH.MH, bersama dengan wakil dekan I Muhammad Azani, S.TH.I., M.S.I, wakil dekan II Yetti, S.H., M.Hum., P.hD, Wakil Dekan III Irfansyah.SH.MH.

Rektor Unilak Dr. Junaidi dalam sambutannya mengatakan, yudisium ini adalah akhir studi S1 di Unilak, karena itu Ia berpesan untuk terus meningkatkan jenjang pendidikan S2 dan silahkan mendaftar di program Magister Ilmu Hukum Unilak.

“Saya mendorong alumni untuk S2 karena bisa meningkatkan karir, kemudian untuk terus meningkatkan kompentensi dan pengetahuan. Dan selamat kepada mahasiswa yang telah resmi menyandang gelar sarjana dan terima kasih kepada fakultas yang telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik terlebih di masa Covid 19,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Junaidi menjelaskan bahwa untuk pelaksanaan wisuda akan berlangsung secara luring di bulan April dan dengan menerapkan protokol kesehatan, pelaksanaan wisuda dilakukan selama dua hari, ini menghindari kerumunan, dan seluruh peserta wisuda wajib memakai masker, wajib membawa handsanitizer, dan akan di cek suhu.

“Dan khusus wisuda nanti yang boleh masuk hanya wisudawan dan satu pendamping, jadi mohon dipahami, protokol kesehatan akan di berlakukan sangat ketat. Dan selesai proses pemindahan kuncir wisudawan untuk dapat segera meninggalkan hotel secepatnya dan proses wisuda tidak sampai dua jam,” kata Junaidi.

Sementara Dekan Fakultas Hukum Unilak Dr Fahmi dalam sambutanya mengatakan yudisium dilakukan dengan protokol kesehatan. “Setiap peserta Yudisium dan tamu di cek suhu tubuh, menjaga jarak, dan wajib memakai masker,” ujar Fahmi diawal sambutannya.

Dikatakan Fahmi, yudisium diikuti oleh 104 mahasiswa yang telah resmi menyandang gelar sarjana hukum. Hingga saat ini alumni FH Unilak sebanyak 6145 orang yang telah berkontribusi bagi pembangunan di Indonesia bahkan juga berkiprah di luar negeri.

Alumni FH Unilak telah di percaya memegang posisi penting baik di Eksekutif, Legislatif, Yudikatif, ASN, TNI-Polri, bahkan dalam Pilkada di Riau kemarin ada dua alumni terpilih sebagai bupati yaitu Bupati Meranti, dan Kuansing, Bupati Meranti baru saja dilantik.

“Sesuai dengan tema yudisium, bahwa dalam rencana induk pengembangan FH Unilak, pengembangan dilakukan dengan berbasis kearifan lokal dengan penguatan teknologi, dan ini telah dimulai, contohnya pelaksanaan kuliah dengan blended learning. Visi fakultas hukum yaitu menjadi fakultas hukum yang berkualitas di tingkat nasional yang berdasarkan Budaya Melayu, dan kita lihat rangkaian acara baik yudisium, ujian skripsi, pengabdian dan penelitian dosen kental dengan nilai-nilai Budaya,”ujar Fahmi.

Dijelaskan lebih lanjut, kedepannya lulusan FH Unilak sudah menerima Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). “Jadi selain ijazah akan mendapatkan SKPI, kemudian TOEFL dan untuk periode depan, tentunya ini bagian peningkatan mutu, saat ini FH Unilah berakreditasi A,”ujarnya.

Fahmi juga mengajak peserta yudisium untuk bergabung dalam IKA FH Unilak,  karena peran alumni sangat besar dalam akreditasi fakultas.

“Dengan bergabung dengan IKA juga dapat meningkatkan network dan silaturahmi, saya juga mengajak untuk bergabung ke Magister Ilmu Hukum Unilak dan yang bagi yang berminat menjadi Advokat untuk menempuh pendidikan PKPA di FH Unilak.” sebut Dr. Fahmi.

Dalam Yudusium keluar sebagai pemuncak yaitu Taufik Hidayat dengan IPK 3,86, dan mendapatkan penghargaan yang langsung diserahkan oleh Wakil Dekan III.

Turut hadir juga dalam kesempatan itu Wakil Rektor III Dr. Bagio Kadaryanto.SH.MH, Wakil Direktur I Pascasarjana Unilak Dr. Iriansyah SH.MH, Dekan Fakultas Pertanian Dr. Dedy Zargustin, Dekan Fakultas Teknik Dr. Zainuri,ST.MT, Dekan Fakultas Ilmu Budaya M Kafrawi.S.Hum,M.Sn, Dekan Fasilkom Fajrizal.SP.M.Kom.

LPPM Unilak, P2K2 Unilak, PTIP Unilak, Ketua IKA FH Unilak Zulkarnain Nurdin, perwakilan kejaksaaan, Kaprodi FH Dr. Suhendro.SH.MH, jajaran dosen, alumni serta undangan lainnya.

Pelaksanaan yudisium kental dengan nuansa Budaya Melayu, diawali dengan arakan-arakan kompang, pimpinan fakultas bersama dengan Rektor masuk kedalam ruang sidang, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya dan dan pembacaan ayat suci Al-Quran.**(rls)

Baca Juga

Sepakat Majukan Pendidikan di Riau, Unilak – PCR Jalin Kerjasama

Riaupintar.id — Dua Universitas bertetangga yang beralamat di Rumbai Pekanbaru yakni Politeknik Caltex Riau (PCR) …