Senin , 21 September 2020

Fakultas Ilmu Administrasi Unilak Sediakan 8 Jenis Beasiswa

Penyerahan beasiswa cendekia oleh Dr Hj Surya Dailiati MSi

Riaupintar.id — Kesempatan bagi lulusan SMU/ MA/ SMK untuk melanjutkan perkuliahan di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning (FIA Unilak) Pekanbaru-Riau pada tahun 2020 ini. Bagi peserta yang telah lulus tersedia 8 jenis beasiswa baik bagi masyarakat yang kurang mampu maupun bagi mahasiswa berprestasi.

Demikian dikatakan Dekan FIA Unilak Alexsander Yandra, SIP MSi, Selasa 3 Aguatus 2020 di ruang kerja.

Menurutnya dengan kondisi pandemi mewabahnya virus corona tidak tertutup peluang bagi lulusan SMU/ MA/ SMK untuk tetap melanjutkan perkulihan. Hal ini dikarenakan berbagai pihak tetap mengupayakan memberikan beasiswa khususnya melalui FIA Unilak.

Beasiswa tersebut ada yang berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, Bank Indonesia, dosen dan fakultas. Beasiswa yang dimaksud adalah pertama, Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Kementerian Riset Dan Pendidikan Tinggi (Bidikmisi Kemenristekdikti/ APBN), kedua, Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Pemerintah Provinsi Riau (Bidikmisi Pemprov Riau/ APBD), Ketiga, Badan Amil Zakat Nasional/ Baznas.

Keempay, Cendekia Dosen Universitas Lancang Kuning. Kelima, APBD Kabupaten/ Kota. Keenam, Peningkatan Prestasi Akademik Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi/ PPA LLDikti Wilayah 10. Ketujuh, Bank Indonesia dan yang kedelapan beasiswa Fakultas Ilmu Administrasi.

“Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning mengajak semua lulusan SMU/ MA/ SMK untuk bergabung dengan kami. Kondisi ekonomi yang memang agak menurun hendaknya tidak mengurangi minat masyarakat khususnya pemuda untuk melanjutkan studi. Selama ini beasiswa yang diterima masyarakat juga sangat membantu mahasiswa untuk tetap berkuliah. Alokasi jumlah yang diterima juga sangat beragam, mulai Rp 2,5 juta hingga Rp 16 juta,” demikian dikatakan Alexsander.

Lebih lanjut dikatakan dengan beasiswa yang diterima mahasiswa tersebut nantinya akan membuat mahasiswa untuk fokus berkuliah guna meningkatkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Apalagi lulusan FIA Unilak terbukti mampu menduduki posisi strategis dalam berbagai institusi pemerintahan dan non pemerintahan.

“Sudah ada yang menjadi Gubernur, Sekretaris Daerah, Kepala Dinas, Anggota DPRD baik di provinsi maupun kabupaten/ kota. Kemudian Komisioner Komisi Pemilihan Umum, aparatur sipil negera (PNS/ TNI dan Polri). Begitu pula di sektor swasta atau non pemerintahan, mereka menggeluti dunia perhotelan, enterpreneur dan lain sebagainya,” kata Alexsander.

Beasiswa yang diberikan nanti kata Alexsander ada dalam bentuk bantuan uang kuliah/ SPP, akomodasi, biaya hidup dan lainnya. Kemudian sistemnya ada yang dalam bentuk pemotongan, uang cash dan transfer via ATM. Oleh karena itu ia kembali mengajak lulusan SMU/ MA/ SMK untuk bergabung dengan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Lancang Kuning Pekanbaru-Riau. (rls)

Baca Juga

Mantap, 50 Mahasiswa Unilak Terima Beasiswa Bank Indonesia

Riaupintar.id — Setelah melalui seleksi yang ketat di saat wabah Corona, sebanyak 50 orang Mahasiswa …