Rabu , 28 September 2022

Fakultas Teknik Unilak Kembali Jadi Pendamping Program SMK Pusat Keunggulan

Kampus Unilak

Riaupintar.id — Fakultas Teknik Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru kembali mendapat kepercayaan terkait Penetapan Perguruan Tinggi sebagai Pelaksana Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan tahun 2022. Hal ini berdasarkan SK Nomor 87/D/M/2022 yang dikeluarkan Dikti pada 15 Juli lalu.

Untuk Provinsi Riau, Unilak bersama 6 perguruan tinggi berhasil lolos diantaranya ada Universitas Muhammadiyah Riau, PCR, Universitas Hang Tuah, Politeknik Kampar, Politeknik Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Payung Negeri.

SMK Pusat Keunggulan (PK) merupakan satu di antara program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program tersebut sebagai upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mampu meningkatkan kualitas dan kinerja.

Pencapaian program tersebut harus diperkuat dengan adanya kemitraan dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).  Ditambah lagi hadirnya pemerintah daerah setempat beserta perguruan tinggi vokasi sebagai pendamping.

“Fakultas Teknik kembali dipercaya menjadi pendamping bagi SMK Pusat Keunggulan. Progran ini digagas oleh Dirjen Vokasi Dikti,” Ujar Wakil Rektor I Unilak Bidang Akademik Zamzami, Jumat 5 Agustus 2022.

Dijelaskan Zamzami, bidang yang kompetensi Agribisnis Pengolahan Hasil Perikanan, Agribisnis Perikanan Air Tawar, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Bisnis Konstruksi dan Properti, Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

“Tujuan pendampingan pusat keunggulan yaitu melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan program SMK PK,” ujarnya.

“Ada 11 Sekolah Kejuruan di  Riau, Kepulauan Riau dan Bangka Belitung yang akan kita dampingi. Tujuannya adalah menganalisa SDM, peningkatan kompetensi, siswa maupu guru guru, serta mengembangkan potensi yang ada di SMK,”sambungnya.

Lantaran telah mendapatkan kepercayaan dari Kemendikbudristek, Unilak kembali mendapatkan kepercayaan, artinya program yang diamanahkan Dikti kepada Fakultas Teknik berhasil dalam Pendampingan Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan tahun lalu.

11 sekolah tersebut yaitu SMK Negeri 2 Pekanbaru, SMKN 1 Kempas, SMK Negeru 1 Tapung, SMK Negeri 1 Mempura Siak, SMK Negeri 1 Kunto Darussalam, SMK Negeri 1 Karimun, SMK Negeri 1Bunguran Timur, SMK Negeri 4 Pangkalpinang, SMK Negeri 2 Tanjung Pandan.

Sementara dosen Fakultas Teknik Unilak Hazra Yuvendius ST MT mengucapkan syukur atas kembali dipercayanya Unilak oleh Dikti. “Alhamdulillah Unilak kembali dipercaya oleh Dikti, awalnya cuma 3 SMK, dan saat ini menjadi 11 sekolah terima kasih Pak Rektor, Dekan Teknik, atas dukunganya, Insha Allah kami akan menjalankan tugas semaksimal mungkin, dan sekarang jumlah sekolahnya sudah menyeberang ke Natuna, Tanjung Pandan, Bangka Belitung dan Tanjung Balai Karimun. yang awalnya cuma sekolah di Riau,” pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Diantar Langsung Oleh Rektor Junaidi, Lima Mahasiswa Kuliah di Unpak Bogor

RiauPunya.com – Lima Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lancang Kuning (FEB Unilak) Pekanbaru mengikuti …