Kamis , 24 September 2020

Fikom UIR Bekali Aparatur Desa di Rokan IV Koto Komunikasi Humas

Dekan Fikom UIR menyerahkan cenderamata kepada Ketua APDESI Kecamatan Rokan IV Koto, Rokan Hulu, dalam Pelatihan Pemberdayaan Komunikasi Humas Pemerintahan Desa, Kamis 8 Agustus 2019.

Riaupintar.id — Untuk meningkatkan pentingnya menerapkan komunikasi yang baik bagi aparatur desa dalam meningkatkan pelayanan dan memberdayakan potensi desa, Puluhan aparatur desa dan camat di Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengikuti
pelatihan Pemberdayaan Komunikasi Humas Pemerintahan Desa.

Pelatihan yang merupakan kerjasama antara Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Islam Riau (UIR) dengan Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia (APDESI) Rokan IV Kota, dibuka oleh Kasi Pemerintahan Kecamatan Rokan IV Koto, Ferizarma.

Dalam sambutannya, Ferizarma menjelaskan, salah satu kelemahan dalam pelayanan adalah kurangnya kemampuan aparatur bagaimana berkomunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pelatihan ini sangat penting bagi aparatur desa maupun kecamatan dalam meningkatkan skill komunikasi sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Dengan komunikasi yang baik masyarakat akan merasa puas, begitu juga dengan program-program pemerintahan desa akan berjalan dengan baik dan diterima oleh masyarakat bisa disampaikan dengan komunikasi yang baik pula,”kata Ferizarma.

Senada dengan Ferizarma, Ketua APDESI Kecamatan Rokan IV Koto, Alexusanto, S.Ip, mengatakan, penting bagi aparatur desa meningkatkan skill komunikasi dalam melayani masyarakat.

Menurutnya masyarakat desa terdiri dari banyak ragam tingkat pendidikan yang berbeda sehingga saat melayani masyarakat tersebut tidak bisa menggunakan bahasa yang sama.

“Masyarakat desa itu banyak dari latar pendidikan yang berbeda, dan banyak yang pendidikannya rendah bahkan ada yang tidak sekolah sama sekali. Dalam melayani masyarakat ini tidak bisa menggunakan bahasa yang sama, harus disesuaikan dengan tingkatan masyarakat tersebut. melalui pelatihan ini, aparatur desa diharapkan bisa menguasai teknik-teknik komunikasi yang baik dalam melayani masyarakat,”kata Alexusanto yang juga merupakan Kepala Desa Rokan Koto Ruang, Rohul.

Sementara Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Dr. Abdul Aziz, MSi, yang juga menjadi pemateri dalam pelatihan tersebut mengatakan, teknik-teknik komunikasi sangat penting dikuasai bagi aparatur dalam membangun citra pelayanan pemerintah yang banyak dianggap kurang baik.

Dikatakannya, kesan buruk karena ketidak puasan masyarakat dalam berurusan dengan pemerintah dikarenakan kemampuan komunikasi aparatur yang lemah dan tidak memahami kondisi psikis masyarakat yang dilayani.

“Banyak persoalan besar yang bisa diselesaikan dengan komunikasi, sebaliknya banyak persoalan kecil menjadi besar karena buruknya komunikasi,” kata Abdul Aziz.

Abdul Aziz menambahkan, banyak potensi desa yang bisa diangkat membangkitkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan media komunikasi termasuk media sosial.

“Dengan teknik-teknik yang baik dan mudah dipahami, media sosial sangatlah efektif dalam mengangkat potensi desa yang akhirnya akan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat desa. Sebab, hampir semua orang saat ini memiliki akun media sosial, maka manfaatkanlah media sosial untuk mengenalkan potensi desa tersebut,”kata Abdul Aziz.

Pelatihan Pemberdayaan Komunikasi Humas Bagi Aparatur Desa ini sendiri diikuti puluhan peserta yang terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa dan aparatur desa lainnya di Kecamatan Rokan IV Koto, Rohul. Selain itu, pelatihan ini juga dihadiri oleh sejumlah aparatur dari kecamatan.

Peserta dalam pelatihan ini diberi pemahaman tentang, pengetahuan dasar tentang humas di pemerintahan desa, teknik-teknik komunikasi yang baik dalam memberikan pelayanan desa, serta pemanfaatkan media sosial dalam mensosialisasikan potensi desa.(rls)

Baca Juga

90 Tahun Prof Solly Lubis, Husnu Abadi Diberi Kesempatan Membacakan Puisi

Riaupintar.id — Dosen Fakultas Hukum Universitas Islam Riau (FH UIR) Husnu Abadi, SH, MHum, PhD, …