Kamis , 21 November 2019

FK Unri Sukses Gelar “The 1st Riau Medical Scientific & Expo”

Prof Dr dr Dedi Afandi, DFM, SpFM (K) Dekan FK Unri bersama dengan nara sumber serta keynote speaker kegiatan Simposium Medis “Riau Medical Scientific & Expo (RiME)”, Sabtu (12/10/2019) di Hotel Pangeran Pekanbaru-Riau

Riaupintar.id — Fakultas Kedokteran Universitas Riau (FK-Unri) sukses menggelar Simposium Medis “Riau Medical Scientific & Expo (RiME)”, Sabtu 12 Oktober 2019 di Hotel Pangeran Pekanbaru-Riau. Simposium ini berupa seminar, workshop, presentasi oral dan poster, serta pameran.

Ketua Panitia Simposium, Dr dr Elda Nazriati Mkes, menjelaskan pagelaran perdana simposium RiMe ini, adalah wujud dari kerja sama antara FK Unri dengan Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia (PDKI). “Kegiatan ini mengangkat tema “Change the way we do medicine: The Role of Family Physicians”.

“Pada pertemuan ini, kita (panitia-red) menghadirkan keynote speaker, diantaranya Prof Dr Mohammad Husni Jamal (President Elect Wonca Asia Pasific Region), Prof Dr dr Dedi Afandi, DFM, SpFM (K) Dekan FK Unri, dan perwakilan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Kemenkes-RI), serta menghadirkan oleh pemateri dari lokal maupun nasional,” urai Elda.

Lebih lanjut, Elda, menjelaskan konsep kedokteran keluarga adalah melayani pasien secara holistik, komprehensif, bersinambung, berpusat pada pasien, dan kolaboratif.

“Dokter keluarga bertugas bertugas di layanan primer. WHO telah menggaungkan pentingnya perhatian pada peranan dokter yang bertugas di layanan primer dalam menunjang sistem kesehatan nasional sejak tahun 1978 dalam deklarasi Alma Ata yang ditegaskan lagi pada tahun 2008 dengan reformasi kesehatan “Primary Care Now More than Ever,”

“Melalui kegiatan ini, peserta memperoleh gambaran tentang implementasi kedokteran keluarga dan termotivasi untuk terus menambah pengetahuan dan keterampilan yang menunjang tugasnya sehari hari,” tutup Elda. (rls)

Baca Juga

Sabtu, Unri Bahas Bencana Kabut Asap

Riaupintar.id — Universitas Riau (Unri) akan menyelenggarakan Talk Show dengan tema “Bencana asap, akankah dapat …