Sabtu , 19 Juni 2021

FKIP Unilak Gelar Yudisium XXI, 91 Mahasiswa Resmi Menyandang Gelar Sarjana Pendidikan

Riaupintar.id — Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar Yudisium ke-XXI di The Zuri Pekanbaru, Selasa 6 April 2021.

Pelaksanaan Yudisium digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta, panitia dan tamu undangan wajib memakai masker, duduk berjarak dan saat masuk ke hotel diperiksa suhu tubuh.

Yudisium dihadiri Rektor Unilak Dr. Junaidi.SS.M.Hum. Yudisium dibuka dan dipimpin oleh Dekan FKIP Dr. Herlinawati.M.Ed, turut hadir wakil direktur II Pascasarjana Unilak Dr. Adi Rahmat SE. MM,pendiri FKIP Dr. Adolf Bastian.MPd, jajaran wakil dekan, Kaprodi, IKA FKIP, Bank Riau Kepri, dan dosen selingkungan Unilak.

Yudisium XXI diikuti oleh sebanyak 91 sarjana dari tiga Prodi FKIP Unilak. Dengan rincian sarjana dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 37 orang dari Prodi Pendidikan Biologi 40 sarjana dari PG PAUD 14 sarjana.

Dekan FKIP, Dr. Herlinawati, M.Ed dalam sambutannya mengucapkan selamat atas gelar yang disandang. “Semoga Ilmu dan gelar sarjana yang didapatkan selam kuliah bisa menjadi keberkahan bagi diri sendiri, keluarga bangsa dan negara dan tentu saja keberkahan bagi FKIP Unilak,” katanya.

“Selesai studi adalah fase sebenarnya anda menjalani kehidupan. Pengorbanan orang tua yang senantiasa memberikan doa akan mengantar kesuksesan. Mulai yudisium ini telah bergelar sarjana artinya ada tanggungjawab yang ditunaikan baik diri sendiri atau masyarakat, maka dari itu jaga nama naik FKIP,” lanjutnya.

Disebutkan Dekan, alumni FKIP Unilak betul betul orang hebat-hebat, ada alumni yang menembus S3 luar negeri, ada yang telah menjadi Kaprodi, dan banyak lagi. Potensi SDM hebat dilahirkan FKIP Unilak.

“Yudisium (lulusan FKIP) harus berpren aktif pada bidang masing-masing raih kesuksesan, saya yakin alumni FKIP alumni luar biasa,” jelasnya.

Sementara, Rektor Dr. Junaidi. SS. M. Hum dalam sambutanya kepada peserta yudisium untuk mengucapkan terimakasih kepada orang tua yang berperan besar dalam menyelesaikan studi.

“Jaga nama baik almamater, dan semoga dapat berhasil dan sukses di tengah tengah masyarakat, saya yakin lulusan FKIP mampu berkompetisi dan berkontribusi bagi ke diri, keluarga dan bangsa, jadilah orang-orang dengan pola pikir yang berkembang (growth mindset) dan saat ini teknologi sangat berpesan besar dalam aktifitas kehidupan,” sebut Rektor.

Rektor juga berpesan untuk dapat beradaptasi dalam lingkungan. ” orang yang berhasil dan bertahan adalah mereka yang mampu adaptasi,”sambungnya.

Didepan lulusan sarjana FKIP Unilak, Rektor memberikan tips agar dapat sukses dan berhasil dalam karir, diantaranya sifat jujur, displin, komunikasi baik (interpersonal skill), dukungan pasangan hidup, dan bekerja lebih keras.

“Peran pasangan hidup sangat penting. Dan ini bisa di renungkan, carilah pasangan yang mendukung dalam bekerja/karir dan aktifitas,” ungkapnya.

Di yudisium XXI FKIP Unilak memberikan penghargaan kepada pemuncak yudisium. Pemuncak dari Prodi Bahasa Inggris Tatum Deri dengan IPK 3,94, dari prodi Pg PAUD Sisi Putri dengan IPK 3,85 dan prodi Pendidikan Biologi diraih Prima Rosa dengan IPK 3,90.

Sementara itu Tatum Deri pemuncak Yudisium Prodi Bahasa Inggeris yang merupakan alumni SMU 1 Pekanbaru merasa senang mendapatkan penghargaan dari FKIP. Ditemui saat yudisium, dirinya menyebutkan selama kuliah dari semester lima sampai tamat dapat beasiswa.

“Saat ini bekerja sebagai editorial jurnal berbahasa Inggris, kuliah di Unilak menyenangkan, dosen dan teman teman baik. Alhamdulillah dapat beasiswa dari pemprov Riau, jadi sangat terbantu untuk biaya kuliah,” ujarnya. (rls)

Baca Juga

UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan Kepada 41 Mahasiswa

Riaupintar.id — Sebanyak 41 orang Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) kembali menerima bantuan pendidikan dari …