Selasa , 17 Mei 2022

Gelar Safari Ramadhan, DDIK UIR : Wujud Tanggung Jawab Sosial Kepada Masyarakat

Riaupintar.id — Bulan Ramadhan bagi umat Islam adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan dan bulan dilipat gandakannya pahala atas amalan yang umat Islam lakukan. Bentuk dari amalan-amalan tersebut salah satu nya adalah dengan berbagi atau bersedeqah. Menyisihkan dan berbagi sebagian harta kepada yang membutuhkan yang paling utama adalah dengan orang-orang sekitar lingkungan tempat tinggal terlebih dahulu.

Atas dasar itu Universitas Islam Riau (UIR) melalui Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK) melaksanakan safari ramadhan 1443 H ke masjid-masjid sekitar lingkungan UIR.

Menurut Kepala DDIK UIR Dr Anton Afrizal Candra SAg MSi ada beberapa masjid serta musala di sekitar kampus yang dijadikan prioritas DDIK untuk diberikan bantuan.

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung dari 12 April 2022 hingga 22 April 2022 mendatang sebagai bentuk mendukung terwujudnya Visi UIR menjadi Universitas Islam yang berbasis keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Pelaksanaan Safari Ramadhan ini merupakan kegiatan rutin UIR selama hampir empat tahun terakhir, selain melaksanakan safari kita juga memberikan bantuan berupa uang tunai kepada masjid tersebut, yang kita harapkan bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk penambahan serta perbaikan fasilitas masjid” ujar Anton.

Anton juga mengungkapkan bahwa kegiatan Safari Ramadhan ini tentu tidak lepas dari peran pimpinan yaitu Rektor dalam mendukung terselenggaranya program. Rektor UIR dalam hal ini tidak hanya memberi persetujuan kegiatan tetapi juga ikut serta mengunjungi masjid-masjid tersebut.

Dalam sebuah Hadist di jelaskan Rasulullah SAW bersabda “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain” (H.R. Bukhari). Hadist ini merupakan representasi tanggung jawab sosial UIR kepada masyarakat sekitar kampus.

“Pendanaan dari kegiatan ini berasal dari anggaran UIR yang telah kita pos kan yang bertujuan untuk sedeqah dan sosial. terkait jumlah rumah ibadah yang diberi bantuan, untuk saat ini walaupun hanya beberapa masjid saja yang kita sambangi tetapi pada tahun ini jumlah bantuannya yang kita lebih besarkan dari tahun-tahun sebelumnya” ungkap Anton.

Kedepannya Dia mengharapkan melalui kegiatan ini UIR menjadi institusi yang tidak hanya berfokus pada dunia pendidikan tetapi tidak lupa dalam sisi keagamaan yaitu syiar untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan guna kemaslahatan umat.

“Bermanfaat bagi masyarakat sekitar serta dapat menjadi ajang silaturahmi jalin ukhuwah islamiyah dengan warga yang tinggal di kawasan Universitas Islam Riau,” pungkasnya. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …