Selasa , 17 Mei 2022

Gelar Wisuda Periode I Tahun 2022, Rektor Syafrinaldi Paparkan Sejumlah Prestasi UIR

Rektor UIR Prof Syafrinaldi saat menyampaikan sambutan

Riaupintar.id – Universitas Ilsam Riau (UIR) gelar Rapat Terbuka Senat dalam rangka wisuda Ahli Madya, Sarjana dan Magister, Rabu 2 Februari 2022, dengan jumlah wisudawan sebanyak 1961 orang, acara wisuda yang dilaksanakan secara luring tersebut dialaksanakan selama Dua hari, hari ini dan besok, Kamis 3 Februari 2022.

Dalam kesempatan itu Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof DR H Syafrinaldi SH MCL memaparkan sejumlah prestasi yang telah diraih oleh UIR. Dikatakan, saat ini sebanyak 18 Program studi (Prodi) di UIR sudah mendapatkan rekonisi internasional dari ASIC, United Kingdom. Dilihat dari status akreditasi UIR sudah memiliki 10 Prodi berakreditasi “A” dari BAN-PT dan 21 Prodi Berakreditasi “B”, 2 Prodi Berakreditasi Baik sekali, 9 Prodi berakreditasi “Baik” dan 1 Prodi “Belum Berakreditasi”.

“Disamping itu, hingga kini UIR sudah memiliki 3 Fakultas yang bersertifikasi ISO 9001 : 2015 yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Aagama Islam (FAI) dan Fakultas Sosial dan Politik (FISIPOL). Ternyata sertifikasi ISO sangat penting dan berkontribusi dalam pemeringkatan Perguruan Tinggi dan akreditasi,” kata Rektor.

Syafrinaldi juga mengatakan bahwa UIR bersama 2 Universitas di Jerman (Universitaet der Bundeswehr Muenchen dan Universitat Applied Science, Dortmund) mendapatkan proyek penelitian dan pertukaran dosen dan mahasiswa untuk tahun 2022 dari Deutscher akademischer Austauschdiest (DAAD) atau German Academic Exchange Service dari Jerman senilai Rp 1.5 milyar. Jadi UIR menjadi pihak dalam pelaksanaan proyek tersebut Bersama 2 kampus di Jerman.

Rektor menambahkan bahwa Posisi UIR saat ini berada pada peringkat 120 pada Top Islamic Universities in the word pada tahun 2021. Dan hingga kini UIR memiliki 12 orang Profesor, 170 orang dosen tetap berkualifikasi Doktor dan 144 orang dosen sedang melanjutkan studi ke strata Doktor (S3) baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Disamping prestasi-prestasi di atas, tentunya masih banyak lagi pekerjaan kita yang masih tertunda dan belum berhasil baik di bidang akademik maupun non akademik karena berbagai faktor, seperti pandemic Covid 19 yang masih terjadi dan menjadi ancaman bagi kita semua. Melalui kesempatan ini mari kita terus bersemangat dan optimis dengan terus bekerjasama dalam team yang hebat untuk mencapai cita-cita kita di tahun 2041. Pencapaian Visi UIR 2041 “Menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa, harus diikuti dengan upaya dan kerja keras sambal berdoa kepada Allah SWT. Dengan tagline “bersama kita bisa” insya Allah cita-cita atau visi UIR 2041 tersebut akan dapat kita wujudkan secara bersama,” harap Rektor.

Sementara Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau Dr Nurman SSos MSi mengatakan, bahwa dalam bidang pendidikan YLPI ikut bersumbangsih dalam memajukan pendidikan dengan menelurkan insan – insan yang berprestasi dari sekolah serta institusi pendidikan yg di wadahi oleh YLPI dan juga dalam kesejahteraan sosial YLPI juga berhasil mengurangi angka pengangguran dengan memperkerjakan masyarakat sekitar di berbagai lini usaha serta institusi pendidikan di bawah naungan YLPI.

“Kami ucapkan selamat terimakasih kepada para orang tua yang telah menitipkan anaknya pada kami sehingga anaknya bisa diwisuda pada hari ini dan membanggakan orang tua sekalian selamat juga kepada wisudawan sekalian pergunakan ilmu yang telah ananda terima dari UIR dengan sebaik – baiknya dan semanfaatnya untuk dipergunakan terjun langsung ke masyarakat” Ujarnya.

Nurman juga menyebut dengan keberadaan sekolah dan juga universitas dibawah YLPI Riau ini, juga telah mampu menampung seribuan lapangan karja, baik itu sebagai pegawai administrasi, guru, dosen, maupun sebagai petugas kebersihan dan lainnya.

“Tentunya ini telah membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Akhirnya kami ucapkan selamat kepada wisudawan dan para orang tua, mudah-mudahan ilmu yang diperoleh bermanfaat bagi banyak orang terutama untuk diri saudara sendiri dan orang tua dan keluarga,” pungkasnya.

Adapun jumlah Mahasiswa UIR yang diwisuda untuk hari ini adalah sebnayak 1013 orang dari Fakultas Hukum, 136 wisudawan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 284 wisudwan, Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol), 294 wisudawan, Fakultas Psikologi,98 wisudawan, Fakultas Ilmu Komunikasi 84 orang, dan Program PascaSarjana 117 orang.

Sementara untuk besok, Kamis 3 Februari akan diwisuda sebanyak 948 orang, yakni dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 474 wisudawan, Fakultas Teknik 244 wisudawan,Fakultas Pertanian 144 wisudawan, dan Fakultas Agama Islam 86 Wisudawan. (nik)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …