Selasa , 17 Mei 2022

Gubernur Riau Apresiasi Pelaksanaan LKBB Sekolah se Riau di Unilak

Riaupintar.id — Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar menyampaikan kegiatan Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) merupakan upaya untuk memiliki sikap siap serta menumbuhkan semangat disiplin.

Hal itu disampaikan Gubri saat menghadiri upacara pembukaan kegiatan LKBB antar SMA/SMK se Provinsi Riau, yang berlangsung di halaman Sepak Bola Universitas Lancang Kuning, Selasa 25 januari 2022. Kegiatan merupakan kerjasama Unilak dengan Korem 031/Wirabima memperebutkan piala bergilir Danrem dan Rektor Unilak.

“Tidak akan berhasil menjadi pemimpin bangsa jika kita tidak disiplin, tidak bekerja keras dan jika tidak belajar dengan sungguh-sungguh. Untuk itu, kita juga perlu untuk menguasai ilmu yang diberikan oleh guru,” kata Gubri.

Gubri Syamsuar juga menjelaskan, masa yang akan datang adalah masa persaingan yang sangat ketat. Untuk itu, perlunya memiliki keahlian atau kemampuan sehingga dapat bersaing serta mampu menjadi seorang pemimpin.

“Melalui keterampilan baris berbaris ini juga merupakan langkah awal agar memiliki sikap semangat disiplin,terima kasih pak Rektor dan Pak Danrem yang telah mendukung pemprov Riau dalam bidang pendidikan, ” lanjutnya.

Kemudian, Gubri Syamsuar juga menceritakan pengalaman saat mengikuti kegiatan baris berbaris sejak sekolah dan dilanjutkan saat masuk Taruna Akademik Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) selama satu bulan.

Dilanjutkannya, setelah menyelesaikan pendidikan di APDN dan saat dirinya diminta untuk menjabat sebagai sekretaris camat. Saat itupun, adanya arahan dari Kementerian Dalam Negeri agar para calon camat untuk mengikuti kegiatan militer.

“Saya juga mengikuti kegiatan militer selama empat bulan, waktu itu namanya kursus pimpinan pemerintahan dalam negeri, dan ilmu ini akan berguna ketika kita sudah menjadi pemimpin, kita tau kapan waktunya tegas, dan kapan waktunya humasnis, ilmu-ilmu yang diberikan guru guru dan pelatih ini tentunya menjadi amal jariyah,” ujar Gubri Syamsuar.

Untuk itu, orang nomor satu Riau ini menyebutkan kegiatan keterampilan baris berbaris ini ada kaitannya dengan tugas di masa yang akan datang. Seperti jika menjadi seorang pemimpin itu harus memiliki sikap disiplin dan tegas.

“Oleh karena itulah, kegiatan baris berbaris ini ada gunanya, untuk melatih kekompakan kita. Serta mengikuti aba-aba (dari pemberi arahan) pimpinan barisan,” tutupnya.

Sementara, Rektor Unilak Dr Junaidi mengatakan, kegiatan lomba PBB ini merupakan bagian dari komitmen Unilak untuk mendukung peningkatan keterampilan generasi muda di Riau sebagai calon pemimpin masa depan bangsa.

“Generasi muda di tingkat SMA, harus ditumbuhkan semangat kedisiplinan, kekompakan, semangat juang, cinta tanah air, bela negara, dan kebersamaan, dari kegiatan ini tumbuh nilai nilai positif bagi peserta yang nantinya akan berguna ketika telah menjadi pemimpin pemimpin bangsa,” ujarnya.

Pelaksanaan lomba ini sangat antusias diikuti oleh sekolah sekolah di Riau dan melebihi dari target peserta, bahkan beberapa sekolah di Riau tetap ingin ikut mesti waktu pendaftaran telah di tutup.

“Ada 60 tim, bahkan beberapa sekolah mengirimkan dua tim. Sekolah tidak hanya berasal dari Pekanbaru, juga ada dari Rohul, Kampar, Siak, Bengkalis, dan Pelalawan. Pelaksanaan berlangsung selama tiga hari,” ujar Dr Junaidi.

Di sebutkan Dr Junaidi, Unilak bersama Danrem menyediakan hadiah berupa piala bergilir, piagam dan uang tunai bagi para pemenang. Kegiatan ini akan berlangsung tiap tahun, dan tahun ini pelaksanaan tetap dengan protokol kesehatan, peserta sudah divaksin.(rls)

Baca Juga

Audiensi dengan Gubernur Syamsuar, ini yang Disampaikan Persambi Riau

Riaupintar.id — Dalam rangka meminta dukungan dalam rangka persiapan PON Sumut-Aceh 2024, dan juga menyampaikan …