Kamis , 28 Oktober 2021

Hadiri Wisuda, Kepala LLDIKTI Wilayah X Doakan Unilak Semakin Maju dan Berkembang

Riaupintar.id — Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X (LLDIKTI) yang mencakup empat Provinsi yaitu Sumatera Barat, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, Prof. Dr. Heri. MBA menghadiri Sidang Senat terbuka Wisuda Unilak Sarjana 63 dan Program Magister ke 13 di hotel Labersa, lRabu 13 Oktober 2021.

Pelaksanaan sidang senat dibuka oleh Rektor Unilak Dr. Junaidi. S.S.M.Hum, turut hadir Wakil Rektor I Zamzami. S. Kom. M. Kom, Wakil Rektor II Hardi SE. MM, Wakil Rektor III Dr. Bagio Kadaryanto. SH. MH, Ketua yayasan Pendidikan Raja Ali Haji Prof. Dr. Irwan Effendi, Sekretaris yayasan Ir. Virgo. MT, senat universitas, dosen dan tamu undangan lainnya.

Pengukuhan wisudawan diikuti sebanyak 862orang dengan rincian untuk sarjana strata satu783 orang dan 79 Strata dua. Pelaksanaan wisuda berlangsung selama dua hari Rabu- Kamis 13 dan 14 Oktober 2021.

Prof Heri dalam sambutannya mengatakan, di negara ini ada 4600 perguruan tinggi di Indonesia, 60 persennya adalah swasta, artinya peran Perguruan Tinggi Swasta sangat besar dalam memajukan SDM di Indonesia. Dari 8,1 juta orang yang sedang kuliah di Indonesia 60 persennya ada di PTS tentunya SDM yang berkualitas dipengaruhi oleh kualitas PTS swasta.

“Kita harus memberikan komitmen untuk sama-sama meningkatkan kualitas PTS. Kalau negara kita tidak diisi SDM berkualitas jangan harapkan bisa menghadapi bangsa lain. Saya percaya Unilak semakin maju dengan dukungan dari Stakeholder apakah itu pemerintah dan yayasan, semoga Unilak terus berkembang, dengan terus bersinergi dengan Pemda, DPRD dan masyarakat,” ujar Prof Heri.

Prof Heri juga berpesan ke Unilak untuk terus meningkatkan kualitas. Dikatakannya kalau dilihat persentase yang sangat penting peningkatan kualitas perguruan tinggi itu adalah dosen, kualifikasi dosen, pengalaman dosen, serta karakter dosen, karena dosen yang mengajar, dosen yang membimbing dosen yang memberikan referensi, melalui anak didiknya. Dalam konteks kampus merdeka dosen tidak hanya memiliki kemampuan knowledge tapi diharapkan miliki kemampuan pengalaman industri dan empiris agar proses pembelajaran lebih hidup.

Bantuan (kerjasama) dari pihak industri/ organisasi untuk bisa bekerjasama termasuk tempat anak anak (mahasiswa) magang maka itu akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Konsep kampus merdeka adalah memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa ketika sudah tamat dan memasuki dunia kerja tidak canggung dan memiliki pengalaman-pengalaman.

“Selamat untuk Unilak semoga terus berkembang. Terimalah wujud terimakasih kasih kami, kehadiran kami mewakili kementerian mengucapkan terimakasih atas partisipasi yayasan dan Unilak dalam menciptakan sarjana,” ingatnya.

Sementara, dihadapan wisudawan dan undangan lainnya, Rektor Unilak Dr. Junaidi. M.Hum menjabarkan berbagai prestasi yang di raih Unilak selama tahun 2021 atau di masa pandemi baik yang diraih mahasiswa, dosen maupun institusi. Yang terbaru adalah mahasiswa Unilak yang membela Riau di PON Papua berhasil meraih 1 medali emas, 1 medali perak, 1 medali perunggu cabang olahraga renang atas nama Vanesa Evato mahasiswi Fakultas Ilmu Budaya, dan Dion Pramudana dari Fakultas Ilmu Administrasi yang meraih medali perunggu sepak takraw.

Kemudian mahasiswa Unilak lolos program KBMI, lulus program PH2PD) dan lain lain. Prestasi dosen juga di raih oleh Dr. Indra Purnama dosen fakultas pertanian yang berhasil lolos hibah program world class professor dari DIKTI.

“Unilak juga terpilih oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi PT pendamping dalam program Sekolah Menengah  Kejuruan Pusat Keunggulan, dan yang terbaru UPT Perpustakaan Unilak  naik tingkat dari akreditasi B menjadi A. Menjadikan Perpustakaan Unilak menjadi Perpustakaan dengan kualitas terbaik,”ungkapnya. (rls)

Baca Juga

Resmi Dimulai, Bulan Bahasa 2021 Himaprodi PBSI Digelar Secara Online

Riaupintar.id — Gelaran Bulan bahasa 2021 Himaprodi PBSI Universitas Riau, Ahad 17 Oktober 2021 resmi …