Selasa , 17 Mei 2022

Hardiknas 2022 : Bergerak untuk Merdeka Belajar

Riaupintar.id – Selama dua tahun terakhir. banyak sekali tantangan yang harus kita hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Bahkan, kata mungkin tidak pernah membayangkan bahwa kita semua dapat mengatasinya. Hari ini, saudara-saudariku, adalah bukti. Bukti bahwa kita jauh lebih tangguh dari semua tantangan, lebih berani dari rasa ragu dan tidak takut untuk mencoba. Kita tidak hanya mampu melewati, tetapi berdiri di garis depan untuk memimpin pemulihan dan kebangkitan.

Demikian amanat Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek-RI) Nadiem Anwar Makarim yang disampaikan Oleh Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Sistem Informasi Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Syaiful Bahri MSi selaku pembina Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 di lingkungan UNRI, Jumat 13 Mei 2022 di lapangan Gedung Rektorat UNRI.

“Kurikulum Merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran. Kini Kurikulum Merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Itu berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” dalam amanat Mendikbudristek.

Syaiful dalam amanat Mendikbudristek, menyebutkan semua perubahan positif yang kita usung bersama ini tidak hanya dirasakan oleh para orang tua, guru, dan murid di Indonesia, tetapi sudah digaungkan sampai ke negara-negara lain melalui presidensi Indonesia di konferensi tingkat tinggi G20. Tahun ini kita membuktikan diri bahwa kita tidak lagi hanya menjadi pengikut, tetapi pemimpin dari gerakan pemulihan dunia.

“Langkah kita hari ini sudah semakin serentak, laju kita sudah semakin cepat. Namun, kita belum sampai di garis akhir. Maka, tidak ada alasan untuk berhenti bergerak meski sejenak. Kedepan, masih akan ada angin yang kencang dan ombak yang jauh lebih besar, serta tantangan yang jauh lebih tinggi. Dan kita akan terus memegang komando, memimpin pemulihan bersama, bergerak untuk Merdeka Belajar,” jelas Syaiful menyampaikan amanat Mendikbudristek itu.

Pada Upacara Peringatan ini, hari jajaran pimpinan Universitas, Fakultas, Unit, Lembaga serta Kepala Biro, Koordinator, Sub Koordinator, mahasiswa, serta unsur-unsur sivitas akademika UNRI.(rls)

Baca Juga

Gubri Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Tadjid Center UMRI

Riaupintar.id — Proses pembangunan gedung Tadjid Center kampus Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) dimulai dengan dilakukannya …