Minggu , 15 Desember 2019

Hari Guru Nasional 2019, Unri Serahkan SK Kenaikan Pangkat PNS

Riaupintar.id — Momentum peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2019 Senin 26 Nopember 2019 dijadikan Universitas Riau (Unri) untuk menyerahkan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Bagi Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Unri, juga penyerahan Piagam Penghargaan Unri sebagai Pendukung Terhadap Pengutamaan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Resmi Negara dan Bahasa Nasional di ruang publik di Universitas Riau.

Disamping itu juga diserahkan Sertifikat Anugerah Unri sebagai badan publik klasterisasi “CUKUP INFORMATIF” dari Komisi Informasi Pusat.

Sementara Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sujianto MSi, selaku Pembina Upacara Bendera dalam amanatnya membaca pidato tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud-RI) Nadiem Anwar Makarim, menyebut kalau Guru adalah poros utama dalam proses pembangunan pendidikan. Guru menjadi penentu kemajuan suatu negara di masa depan.

Secara umum, kata Dia, tugas guru adalah mengajar siswa-siswi agar memilki pengetahuan dan keterampilan dalam masing-masing bidang pelajaran. Saat ini, guru di Indonesia selain mengemban tugas mulia yang mereka emban juga diikuti oleh aturan-aturan yang justru terkadang menyulitkan tugas mereka.

Selain itu tugas administratif yang dibebankan kepada para guru juga cenderung menghambat mereka untuk membantu para murid yang mengalami ketertinggalan di kelas. Kurikulum yang terlalu padat dan kurangnya kepercayaan untuk berinovasi, dinilai menghambat para guru untuk berkarya demi kesuksesan anak didiknya.

“Oleh karenanya, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. Semuanya berawal dan berakhir dari guru. Tanpa menunggu perintah, perubahan kecil dapat dilakukan diruang kelas. Ajaklah kelas berdiskusi bukan hanya mendengar, berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas,” ujar Mendikbud.

Selanjutnya, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri, tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.

“Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” ujar Sujianto.

Pada Upacara Hari Guru Nasional tahun 2019 di Unri, hadir jajaran pimpinan, staf tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Universitas, Fakultas, Lembaga, Unit, Badan, dan Satuan Kerja. (MCR/mad)

Baca Juga

Sempena HGN 2019, YLPI Riau Beri Penghargaan Guru Teladan

Riaupintar.id — Memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2019, Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau melaksanakan …