Kamis , 28 Oktober 2021

Hebat, Mahasiswa Unri Ciptakan Aplikasi Digital Laboratory

Riaupintar.id — Terdampaknya sektor pendidikan dan wisata akibat pandemi COVID-19 membuat banyak para siswa diseluruh Indonesia kesulitan dalam belajar. Mereka sangat memerlukan media representatif untuk menambah wadah pembelajaran selain didapat dari sekolah.

Dilatarbelakangi hal itu, Oki Oktafandi (20) membuat digital laboratory berupa aplikasi solutif yang ditujukan untuk membantu terutama dalam sektor pendidikan dan wisata. Aplikasi yang behasil ia ciptakan seperti Aplikasi Pengukuran Percepatan Gravitasi, (HELDA) Perpustakaan Digital, (PRODIGI) Games Merasionalkan Penyebut, dan (URI) Tebak Wisata Riau.

“Saya membuat aplikasi ini memang atas bentuk kepedulian saya tehadap kondisi sekarang ini. Ditambah keinginan saya menjadi seorang Menteri Sosial Indonesia suatu hari nanti. Saya memanfaatkan digitalisasi sebagai wadah yang terintegrasi untuk memberikan solusi kepada seluruh masyarakat terutama para siswa dan tempat wisata yang ada di Riau,”kata Oki Oktafandi, dalam rilis yang diterima redaksi.

Mahasiswa jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial Politik Unri ini menjelaskan, salah satu digital laboratory yang dibuat adalah Pengukuran Percepatan Gravitasi yang mampu menghitung besarnya gravitasi. Aplikasi ini dibuat dengan teori untuk pemahaman lanjutan dan simulator bidang miring untuk memudahkan siswa dalam bereksperimen.

Selain itu ada juga games Merasionalkan Penyebut yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam merasionalkan suatu penyebut dengan metode fun game.

“Saat ini saya telah membuat 7 jenis aplikasi. Saya akan terus mencoba membuat aplikasi solutif lainnya agar dampaknya terasa keseluruh elemen. Fokus saya saat ini memang membantu dua sektor, yaitu pendidikan dan wisata. Dengan digital laboratory ini saya berharap akan meningkatkan kualitas pendidikan dengan transformasi digitalisasi serta meningkatkan wisatawan dengan pemanfaatan era globalisasi sekarang ini,” terangnya.

Seluruh Aplikasi yang dibuat oleh Oki dapat di unduh di halaman blogspot shinarslan.studio https://shinarslanstudio.blogspot.com/ atau di link bio instagram @shinarslan.studio. (nik)

Baca Juga

Lolos Seleksi GBN 2021, Mahasiswi FKIP UIR ini ke Istana Negara Pada HUT RI ke-76

Riaupintar.id — Tiara Hanum, mahasiswa Semester 6 Program Studi Sendratasik Fakultas Keguruaan dan Ilmu Pendidikan …