Jumat , 1 Juli 2022

Hebat..! UIR Miliki Universal Testing Machine dengan Kapasitas Terbesar di Riau

Riaupintar.id — Labor Teknik Mesin Universitas Islam Riau (UIR) memiliki alat uji Universal Testing Machine (UTM) yang mengakomodir dan menjadi media pembelajaran bagi beberapa prodi yang ada di Fakultas Teknik seperti Prodi Teknik Mesin, Teknik Sipil, dan Teknik Perminyakan.

Alat uji bernama Gotech Universal Test Machine 50T UN-7001-LC50 dengan kemampuan dapat melakukan tiga jenis pengujian material yaitu uji tarik, uji kompresi, dan uji bending dengan kapasitas uji hingga 50 Ton.

Kepala Labor Teknik Mesin Material dan Manufaktur Dr Dedikarni ST MSc mengatakan, untuk alat uji pada labor pendidikan yang rutin terkalibrasi dan paling besar daya ujinya labor teknik mesin UIR adalah salah satunya di Riau.

“Untuk alat UTM labor teknik mesin UIR sebenarnya sudah punya tetapi dengan kapasitas daya uji yang lebih kecil yang tidak sampai 50 Ton dan manual. jadi UTM dengan seri UN-7001-LC50 merupakan alat kedua yang kita miliki yang kita berharap dapat mengakomodir kebutuhan belajar mengajar di beberapa prodi yang ada di teknik,” ujar Dedi, Senin 6 Juni 2022.

Dedi juga menyebut, selain mengakomodir proses belajar mengajar alat uji tersebut juga bisa menjadi pemasukan dan nilai komersial kepada pihak-pihak ketiga seperti kontraktor dan instansi pemerintah yang membutuhkan alat uji UTM untuk keperluan pembangunan dan konstruksi bangunan.

Alat yang dibeli pada tahun 2021 tersebut terdiri dari pencekam, meja geser, pengukur regangan yang bertujuan untuk mengumpulkan data dari material yang digunakan di industri sehingga operator dapat mengetahui seberapa kuat atau karakteristik material yang diujikan.

“Universal Testing Machine dapat digunakan untuk pengujian secara universal dan dapat diaplikasikan ke material seperti logam, baja, plastik dll. Cara kerja UTM dengan cara merusak material tersebut agar dapat mengetahui seberapa kuat material atau bahan yang akan digunakan untuk konstruksi bangunan yang akan dibangun atau keperluan industri lainnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, UTM adalah sebuah mesin yang telah dikembangkan berdasarkan pengetahuan sensor tekanan dan teknologi pengatur hitungan yang berguna untuk menguji ketahanan, kekuatan tarik, dan mengetahui struktur suatu bahan maupun material sebuah produk. Alat ini pada umumnya digunakan banyak digunakan di industri seperti konstruksi, pesawat, pengeboran minyak, perkapalan dan lain sebagainya. (rls)

Baca Juga

Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 di Tutup 27 Juni, Segera Mendaftar

Riaupintar.id – Universitas Riau (UNRI) masih membuka peluang bagi yang berminat untuk melanjutkan studi ke …