Jumat , 1 Juli 2022

Hebat..! Umri Raih Hibah PKM Terbanyak se LLDikti X

Riaupintar.id — Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) raih hibah Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) terbanyak di lingkungan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X, dan peringkat 2 nasional di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTMA) se Indonesia.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UMRI, Dr Aidil Haris SSos MSi mengatakan, perolehan hibah terbanyak PKM tahun 2022 ini merupakan upaya serius yang dilakukan UMRI untuk mendorong mahasiswa agar memiliki prestasi sesuai bidang kompetensi yang dimilikinya. Dari kuota 250 proposal yang disediakan Ristekditi untuk Umri berdasarkan posisi pada klaster 2, Umri hanya mampu memenuhi sejumlah 142 usulan proposal PKM. Dari 142 proposal tersebut, ternyata yang lolos sejumlah 13 proposal dari berbagai bidang.

“Alhamdulillah, untuk lingkungan LLDikti Wilayah X yang terdiri dari wilayah Sumbar, Riau, Jambi dan Kepri, ternyata Umri berhasil meraih hibah PKM terbanyak peringkat 1. Untuk lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PTMA), Umri berada pada posisi 2 peraih hibah PKM terbanyak setelah Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Untuk Perguruan Tinggi Swasta se Indonesia, UMRI berada pada posisi ke 4. Secara nasional, baik di lingkungan perguruan tinggi negeri maupun swasta, UMRI berada pada posisi 21 peraih hibah PKM terbanyak,” papar Aidil Haris yang juga Pengamat Komunikasi Politik Universitas Muhammadiyah Riau, Sabtu 28 Mei 2022.

Dari 13 proposal hibah PKM yang lolos didanai pada tahun 2022 ini, Aidil menargetkan kesemuanya bisa masuk pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Tahun 2022. Oleh karena itu, pihaknya akan selalu melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan PKM, baik di tingkat mahasiswa maupun dikalangan dosen pembimbing agar target menuju Pimnas Tahun 2022 dapat tercapai sesuai harapan.

“Kita segera buat berbagai strategi untuk pelaksanaan PKM ini, baik itu bimbingan secara langsung kepada mahasiswa maupun pembinaan bagi dosen pembimbing supaya target menuju Pimnas 2022 dapat terwujud. Target kita tahun ini adalah semua proposal yang lolos ini berhasil menuju Pimnas 2022,” ucap Aidil optimis.

Seperti diketahui, terdapat 8 bidang Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) untuk tahun 2022 yang terdiri dari PKM Riset Eksakta, PKM Riset Sosial Humaniora, PKM Pengabdian kepada Masyarakat, PM Kewirausahaan, PKM Penerapan IPTEK, PKM Karsa Cipta, PKM Karya Inovatif dan PKM Video Gagasan Konstruktif. (rls)

Baca Juga

Pendaftaran SMMPTN Barat 2022 di Tutup 27 Juni, Segera Mendaftar

Riaupintar.id – Universitas Riau (UNRI) masih membuka peluang bagi yang berminat untuk melanjutkan studi ke …