Selasa , 17 Mei 2022

Ingin Jago di Bidang Bisnis Digital, Yuk Daftar Kuliah di Unilak

Kampus Unilak

Riaupintar.id — Program Studi Bisnis Digital resmi berdiri di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru. Setelah keluarnya Surat Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2022 nomor 205/E/0 yang memutuskan izin pembukaan Prodi Bisnis Digital Program Sarjana pada Universitas Lancang Kuning, yang ditandatangani oleh Prof Nizam, Maret lalu.

Rektor Unilak Dr Junaidi saat ditemui mengucapkan syukur atas keluarnya izin prosi tersebut dari Kementerian. Prodi Bisnis Digital ini didirikan untuk menghasilkan tenaga SDM berkualitas bidang teknologi dan bisnis. Saat ini dunia Bisnis dan Teknologi begitu pesat perkembangannya, dan Unilak memberikan solusi yang sangat diperlukan masyarakat modern saat ini.

“Prodi ini sangat keren, disukai generasi muda, dan sesuai dengan passion generasi milenial saat ini. Kita bisa lihat saat ini teknologi dan bisnis masuk keseluruhan sektor seperti tranportasi, pertanian, perikanan, perkebunan, dan lain-lain kemudian dipadukan. Kombinasi Teknologi dan bisnis masuk ke dalam ruang-ruang aktifitas masyarakat, bahkan UMKM juga telah tumbuh karena teknologi dan bisnis. Prodi Bisnis Digital hadir di Unilak dan Riau saat kondisi dan waktu yang tepat, dan ini tentu saja sejalan dengan keingingan pemerintah Riau dan Presiden Jokowi agar perguruan tinggi berinovasi melahirkan prodi baru sesuai perkembangan zaman,” ujar Junaidi didampingi Wakil Rektor I Zamzami MKom, Rabu 6 April 2022.

Dijelaskan Junaidi, Prodi Bisnis Digital hadir di Unilak karena kebutuhan akan teknologi, bisnis dan peluang masa depan, ini juga sejalan dengan percepatan visi Unilak unggul. Dapat dilihat saat ini Pandemi Covid 19 berdampak pada peningkatan penggunaan teknologi dan bisnis digital.

“Kami yakin prospek sektor bisnis digital kedepannya semakin cerah. Saya memberikan apresiasi kepada tim Fakultas Ilmu Komputer dan akademik yang telah bekerja keras untuk menghadirkan Prodi Bisnis Digital,” ujarnya.

Junaidi menambahkan, bagi mereka yang memutuskan untuk kuliah di Prodi ini ada banyak potensi dan keuntungan. Pertama, prospek lowongan kerja cerah, membangun bisnis cerah, bisa mendirikan start up. Kedua, banyak sektor yang akan beralih ke teknologi dan bisnis seperti keuangan, perbankan, dan lainya ,” maka muncul kebutuhan SDM baru seperti analis sistem, analis data, e-commerce, big data,¬† Technopreneur, pemasaran digital, market researcher, dan lainya,” ungkap Rektor.

Sementara, Dekan Fasilkom Unilak Fajrizal M Kom mengatakan bahwa prodi Bisnis Digital ini merupakan Prodi kekinian yang banyak diminati generasi muda, dan dibutuhkan dunia Industri. Ada kombinasi antara ekonomi bisnis, sistem inofrmasi, dan teknik informatika. Prodi Bisnis Digital ini untuk mengikuti perkembangn zaman.

“Kami patut bersyukur keluarnya SK Prodi Bisnis Digital dari Kementerian. Ini Prodi kekinian tahun ini kita sudah menerima mahasiswa baru, dan sekarang sudah banyak calon mahasiswa yang telah bertanya,” ujarnya.

Diceritakan Fajrizal, latar belakang lahirnya Prodi Bisnis Digital karena banyak permintaan dan masukan dari alumni, mitra, dan masyarakat. Prodi ini yang masih kurang di Riau. Tujuan kami memfasilitasi masyarakat Riau bisa kuliah disini, dan tidak ke jawa, umumnya prodi Bisnis Digital masih banyak di kampus jawa, ini kesempatan bagi alumni SMA dan SMK di Riau dan Sumatra untuk bisa kuliah disini.

“Bagi Fasilkom ini menjadi daya tarik baru setelah Prodi Sistem informasi dan Teknik Informatika yang telah banyak mahasiswa dan melahirkan alumni alumni yang sukses,” sebutnya.

Dengan berdirinya Prodi Bisnis Digital, maka hingga kini Unilak telah memiliki 21 Prodi Sarjana dengan rincian Administrasi Publik, Akuntansi, Manajemen, Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Agroteknologi, Agribisnis, Ilmu Hukum, Sastra Daerah, Sastra Inggris, Sastra Indonesia, Ilmu Perpustakaan, Kehutanan, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Prodi Desain Interior yang bulan Februari 2022 baru berdiri. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …