Jumat , 21 Februari 2020

Ini Pidato Profesor Rita Anugerah saat Pengukuhan Guru Besar

Riaupintar.id — Corporate Governance menjadi salah satu isu penting di Indonesia, berbagai perusahaan yang terdaftar di bursa efek Indonesia menggunakan mekanisme Corporate Governance sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan perusahaan guna mencapai tujuan perusahaan.

Hal ini disampaikan Prof Dr Rita Anugerah MAFIS Ak CA pada Pengukuhan Guru Besar pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau (FEB-Unri) dalam bidang Ilmu Pemeriksa Akuntansi, Jumat 27 September 2019 di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unri Jalan Patimura, Gobah, Pekanbaru.

Rita, menyampaikan dalam persaingan global saat ini perusahaan harus di kelola dengan cara profesional melalui implementasi Corporate Governance yang tertuang dalam mekanisme internal dan eksternal Corporate Governance.

“Berbagai kendala dalam menjalankan Corporate Governance di Indonesia adalah akibat lemahnya komitmen political will pemerintah dalam mendorong program tersebut. Persoalan ini tertuang dalam laporan Asian Corporate Governance Association (ACGA) yang menunjukkan bahwa Indonesia berada posisi terakhir dari 10 negara Asia Pasifik dalam implementasi program tersebut,” papar Dia.

“Implementasi program ini tidak terlepas dari peran auditing yang dipandang sebagai nilai tambah yang berkontribusi pada peningkatan dari mekanisme internal dan eksternal program ini,” jelas Rita dihadapan peserta undangan acara Pengukuhan Guru Besar.

Oleh karena itu, menurutnya, auditor internal memiliki kewajiban untuk melaporkan secara langsung mengenai keseluruhan aktivitas fungsi dan proses audit internal kepada komite audit. Jika fungsi audit internal berjalan dengan maksimal maka akan berdampak pada jalannya pelaksanaan kontrol dan pengawasan dari komite audit yang juga berjalan dengan efektif sebagaimana mestinya.

“Diharapkan ketika perusahan publik atau swasta mengimplementasikan Good Corporate Governance, perusahaan harus memberikan perhatian lebih atas jalannya mekanisme internal dan eksternal Corporate Governance perusahaan,”ungkap Rita. (nik)

Baca Juga

Dosen FH Unilak Gugah Kesadaran Masyarakat Desa Mengenai Hak dan Kewajiban

Riaupintar.id — Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa telah menempatkan desa sebagai ujung tombak …