Selasa , 29 September 2020

Jadwal UTBK 2020 Ditunda

Wakil Rektor Bidang Akademik Unri, Prof Dr M Nur Mustafa MPd.

Riaupintar.id — Memperhatikan situasi nasional berkenaan dengan mewabahnya Covid-19 yang tengah merebak di Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menegaskan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan tetap diadakan selama masa pandemi Corona (Covid-19), namun pelaksanaan UTBK akan tertunda dari jadwal semula.

“Penundaan ini berkaitan dengan wabah virus corona yang tengah merebak di Indonesia. HAl itu sesuai dengan Surat Edaran Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor: 09/SE.LTMPT/2020/ tentang Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020 tertanggal 23 Maret 2020,” jelas Wakil Rekor Bidang Akademik Universitas Riau (Unri) Prof Dr M Nur Mustafa MPd, Jumat 27 Maret 2020.

Menurut M Nur, penundaan pelaksanaan UTBK yang semula direncanakan pada 30 Maret 2020 itu, oleh panitia pusat LTMPT tersebut dinyatakan sampai batas waktu yang belum ditetapkan, dan menunggu pengumuman selanjutnya.

Mantan Dekan FKIP ini menambahkan, Kemendikbud juga sedang mengkaji agenda pelaksanaan UTBK tersebut, pelaksanaan dan waktu UTBK akan berbeda dari jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Tidak hanya pendaftaran dan pelaksanaan UTBK tahap pertama, pendaftaran tahap kedua UTBK 2020 juga ditunda. Terkait hal tersebut Unri akan terus memberikan informasi lebih lanjut terkait jadwal tersebut.

UTBK merupakan syarat utama untuk dapat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) sebagai jalur masuk untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi. UTBK 2020 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2018, 2019, dan 2020 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2018, 2019, dan 2020.

“Terkait dengan pengumuman kelulusan untuk jalur SNMPTN yaitu tanggal 8 April 2020 yang merupakan tanggal yang ditetapkan kemudian setelah sebelumnya dijadwalkan pada 4 April 2020,” ujarnya menjelaskan.

M Nur kembali mengingatkan kepada para calon peserta, agar dapat terus mengikuti perkembangan informasi secara lengkap dengan memantau laman resmi dan saluran-saluran informasi resmi dari LTMPT, melalui https://ltmpt.ac.id, helpdesk http://halo.ltmpt.ac.id, email sekretariat@ltmpt.ac.id, media sosial (instagram, twitter, facebook) @ltmptofficial. (rls)

Baca Juga

Di Danau Tiga Mata Air Kuansing, Faperta UIR Tebar Bibit Ikan

Riaupintar.id — Terdiri dari 9.000 benih ikan baung dan 1.000 benih ikan puyu. Fakultas Pertanian …