Selasa , 17 Mei 2022

Jalin Kerjasama, Rektor Unilak Motivasi Siswa SMKN 4 Pekanbaru

Riaupintar.id – Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak) melakukan kerjasama dengan Sekolah Menengah kejuruan Negeri (SMKN) 4 Pekanbaru. Kerjasama dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (Memoroundum Of Understanding) yang dilakukan oleh Rektor Dr Junaidi MHum dengan kepala SMKN 4 Pekanbaru Zulfikar SPd di aula sekolah, Rabu 19 Januari 2022.

Kerjasama mencakup 15 ruang lingkup diantaranya peningkatan kompetensi guru, siswa, pelatihan bagi guru dan siswa, fasilitasi kuliah, program magang, Kompetensi jurusan, pengembangan kurikulim dan lain lain.

Selain melakukan MoU, Rektor Unilak juga memberikan motivasi dan dialog dengan siswa-siswi SMKN 4 agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Rektor Unilak Junaidi menngatakan, jangan berpikir lulusan SMK tidak kuliah, memang para siswa-siswi di SMK disiapkan untuk kerja, tetapi tidak berakhir disitu, dapat juga melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, silahkan pilih dimana saja perguruan tingginya, bisa di Riau, Jawa, atau mimpi keluar negeri.

“Di Unilak sudah banyak siswa-siswa SMK yang kuliah dan ketika lulus mereka menjadi orang suskes. Bermimpilah adik-adik jangan sekedar jadi buruh harian, tapi bisa menjadi pengusaha sukses/insinyur dan lain lain,”ujar Junaidi mengawali motivasinya.

Lebih jauh dihadapan 150 an siswa-siswi SMKN 4 Pekanbaru tersebut, Junaidi mengatakan bahwa untuk dapat kuliah yang pertama harus dilakukan adalah niat/keinginan yang kuat, kemudian pilih tempat kuliah, tentukan jurusan, dan pentingya juga menyiapkan pilihan alternatif.

“Sayang kalau masa depan adik adik tidak direncanakan, kuliah bisa dimana saja, mimpi di luar negeri bisa dikejar, namun kalau tidak cukup nilai bisa pilih kampus alternatif, kalau orang tua tidak mampu bisa kejar beasiswa, namun syarat tentu nilai harus baik dan kejar nilai itu. Jika orang tua juga tidak mampu maka bisa kuliah dengan bekerja, di Unilak tiap tahun ada 1000 penerima beasiswa adik adik bisa pilih di Unilak,” tegasnya.

Jadi, lanjut Junaidi, kuliah di usia muda itu mengasikkan, anda bisa bekerja plus bisa kuliah, adik-adik SMK bisa melanjutkan di Fakultas Teknik, bisa ke Fekon atau Fasilkom dan lain-lain.

“Jika ada yang Hafiz Quran di sekolah ini, bisa segera kirimkan ke Unilak, akan kita beri beasiswa,”pungkasnya.

Sementara Kepala SMKN 4 Pekanbaru Zulfikar dikesempatan itu menyampaikan apresiasi atas kerjasama yang dilakukan dengan Unilak. Kerjasama ini penting, ada 15 ruang lingkup bidang kerjasama yang hari ini telah ditandatangani, ini akan memberikan keuntungan bagi guru, siswa dan sekolah SMKN 4. Siswa SMK itu ketika tamat harus bisa bekerja, bisa juga melanjutkan pendidikan, dan bisa  berwirausaha.

“Saat ini SMK sudah punya Direktorat Jenderal Vokasi, yang khusus menangani masalah pendidikan Vokasi termasuk salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan, dan nampaknya pemerintah sangat fokus ke hal ini. Dengan kondisi sekarang ini, SMK semakin dituntut untuk dapat berkolaborasi, bekerja sama dengan semua pihak dunia usaha, industri serta perguruan tinggi, yang akan sangat membantu aktivitas kegiatan-kegiatan sekolah SMK,” kata Zulfikar.

Turut hadir saat itu dari Unilak, Dekan Fasilkom Fadrijal MKom, Dekan Fakultas Teknik Dr Zainuri, Sekretaris Kantor Urusan Internasional dan Kerjasama Dr Nurfaisal, dan Kabag Media Promosi M Revnu Ohara MKom. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …