Minggu , 19 September 2021

Jelang PTMT Pekan Depan, MTsN 2 Rohul Beri Pembekalan Terhadap Siswa

Kepala MTs N 2 Rohul, Maswir SPd, Panit Lantas Polsek U Batu, Wakes MTs Ahlakisman MPdI, Foto bersama usai beri pelatihan kepemimpinan dan kedisiplinan berlalulintasRiaupintar.id — Jika tak ada aral melintang, Senin Pekan depan akan dilaksanakan Pendidikan Tatap Muka Terbatas (PTMT), MTs Negeri 2 Rokan Hulu (Rohul) memberi pembekalan sebelum tahapan belajar baru itu dimulai.

Kepala MTsN 2 Rohul, Maswir SPd menjelaskan, pembekalan yang diberikan terhadap siswa diantaranya penanaman Leadership atau jiwa kepemimpinan bagi siswa madrasah, pengenalan peraturan lalu-lintas dasar, sosialisasi penerapan protokol kesehatan di masa pandemi, penerapan perilaku hidup bersih dan sehat, juga pembekalan terhadap siswa agar anti terhadap penyalahgunaan Narkoba.

“Kegiatan kita laksanakan selama 2 hari (Rabu-Kamis), dengan pemateri kita undang dari Unit Lantas, Unit Reskrim Polsek Ujung Batu, dan juga pihak Puskesmas Ujung Batu,” jelas Kamad Maswir sela-sela kegiatan pembekalan di hari pertama di aula MTsN 2 Rohul, Rabu 20 Januari 2021.

Hadir juga pada kesempatan itu, Waka Kesiswaan Ahlakisman MPdI bersama seluruh majelis guru, Narasumber Panit Lantas Polsek Ujung Batu, Ipda Nanang Pujiono SH, dan Aipda Rudi Karmani SH serta perwakilan siswa masing-masing kelas plus pengurus OSIM.

Selain itu, sambung Maswir sebelum PTMT dilakukan pihak madrasah terlebih dulu meminta persetujuan tertulis dari orang tua murid dan komite madrasah, hal itu mengacu pada Himbauan Gubri beberapa waktu lalu.

“Selain menerapkan Protokol Kesehatan yakni 4M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Menjauhi Kerumunan), di pintu gerbang kita siapkan wadah mencuci tangan buat para peserta didik dan tamu yang masuk. Selain itu di pintu masuk kelas juga kita sediakan wastafel buat mencuci tangan siswa,” terangnya.

Dirinya bersyukur para anak didiknya sangat antusias mendengarkan paparan materi tentang bagaimana menjadi Leadership di masa akan datang.

Terpenting lagi, sebut Maswir mereka yang menggunakan kenderaan berlalu-lintas di jalan raya, melalui kegiatan itu diberikan pencerahan pentingnya menerapkan aturan lalu-lintas untuk keselamatan bersama termasuk siswa itu sendiri.

Para siswa juga dibekali bagaimana menyikapi musibah Covid-19, dengan menerapkan protokol kesehatan, yang bisa kita dengarkan yakni 4M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Menjauhi Kerumunan).

Di hari kedua, besok (Kamis, 21/1) pihaknya juga mengundang narasumber dari Puskesmas Ujung Batu berkolaborasi dengan Unit Reskrim Polsek Ujung Batu.

Materi yang akan disampaikan adalah tentang bagaimana sikap warga madrasah khususnya menghadapi pandemi Covid-19, kemudian pola hidup bersih dan sehat (PHBS) bisa betul-betul diterapkan di madrasah.

“Kita juga selalu kerjasama dengan pihak puskesmas mensosialisasikan tentang penyakit menular, bahaya pergaulan bebas buat generasi muda, termasuk penberian vitamin untuk siswa dan siswi.

Kesempatan yang sama, Narasumber acara Ipda Nanang Pujiono menerangkan, bahwa materi yang disampaikan kepada siswa dan siswi MTsN 2 Rohul baru sebatas pengetahuan dasar berlalu-lintas misalnya, menggunakan helm dan kelengkapan berkendara, serta pengenalan rambu-rambu lalu-lintas.

Mantan Paur Humas Polres Rohul ini sangat berterima kasih kepada pihak madrasah yang telah memfasilitasi kegiatan pembekalan tentang kepemimpinan dan aturan berlalu-lintas kepala pelajar disana.

“Kita berharap para siswa yang ikut pembekalan hari ini bisa menularkan ilmu yang didapat kepada teman-teman yang lain yang belum bisa ikut. Pengenalan aturan berlalu-lintas sedari dini sangat penting untuk menekan terjadinya angka kecelakaan,” tukasnya.**(lim)

Baca Juga

SMK Muda Pekanbaru Kampus 2 Garuda Sakti – Uka Buka PPDB

Riaupintar.id — Pasca diresmikan beberapa waktu lalu, hari ini Jumat 2 April 2021 Sekolah Menengah …