Sabtu , 3 Desember 2022

Kabid SMK: DUDI Juga Hurus Beri Pelatihan Bagi Guru SMK PK dan Non PK

Riaupintar.id — Dinas Pendidikan Provinsi Riau lagi gencar gencarnya memberikan pelatihan dan pendampingan bagi guru SMK Pusat Keunggulan (PK) dan Non SMK PK negeri dan swasta. Hal ini, terlihat dari 50 orang guru SMK PK program keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) mengkuti pelatihan selama 4 hari mulai tanggal 19 hingga 22 September.

“Kita himbau, tidak hanya Disdik Riau saja yang memberikan pelatihan guru yang mengajar di SMK PK dan Non PK, tapi juga DUDI (Dunia Usaha dan Industri) punya peran penting memberikan pendidikan dan pelatihan bagi guru SMK,” kata Kabid SMK Disdik Riau Dr Yusri Rasul saat membuka Pendampingan Guru SMK PK se Provinsi Riau, Senin 19 September 2022 di Hotel Furaya Pekanbaru

Yusri beralasan, jika semua guru SMK di Riau diberi pelatihan oleh pemerintah daerah baik mengunakan APBD dan APBN tentunya sangat terbatas. Mengingat, jumlah guru SMK di Riau ini mencapai ribuan orang.

“Disinilah kontribusi dunia usaha dan industri meningkatkan sumbar daya manusia (guru). Tamatan SMK ini nanti juga akan menjadi penyumbang terbesar tenaga kerja bagi dunia usaha dan dunia industri,” ujar Yusri.

Disdik Riau melalui Bidang SMK, kata Yusri, telah memprogram pelatihan bagi guru SMK hanya untuk 6 program keahlian. Sedangkan di SMK begitu banyak program keahlian yang dimiliki sekolah.

“Tahun ini pelatihan sudah kita program untuk 6 program keahlian saja. Tahun depan untuk program keahlian lainnya. Jika DUDI berkeinginan memberikan pelatihan maka ini sangat membantu sekali,” harap Yusri.

Ditambahkan Yusri, kegiatan Pendampingan Guru SMK PK se Provinsi Riau diharapkan bisa menghasilkan satu komponen yang sangat berarti berupa modul bahan ajar. Modul ini sangat diperlukan bagi kemajuan SMK PK terutama jurusan TKR Roda 4.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 50 orang dari kabupaten kota. Sebagai narasumber kegatan ini berasal dari UMRI, Politeknik Bengkalis dan Kemendikbud Ristek RI. (rls)

Baca Juga

Diklat Guru SMK, Alman: Pembelajaran di SMK Harus Berbasis Projek dan Teaching Factory

Riaupintar.id — Dinas Pendidikan Provinsi Riau kembli melaksanakan Pendidikan dan Latihan (Diklat) Bagi Guru SMK …