Selasa , 17 Mei 2022

Ketua DKR Riau Raih Gelar Sarjana di FIB Unilak

Riaupintar.id — Fakultas Ilmu Budaya Universitas Lancang Kuning Pekanbaru menggelar Yudisium ke 38 menuju Wisuda ke 64. Sidang Yudisium dipimpin oleh Dekan FIB Muhamad Kafrawi.M.Sn, turut hadir jajaran wakil dekan I-III, Dekan se-lingkungan Unilak, ikatan alumni FIB, mahasiswa dan lain lain. Sabtu 26 Maret 2022.

Prosesi yudisium kental dengan nuansa budaya Melayu,  diawali dengan arakan-arakan kompang, silat dan pembacaan ayat sucu Al Quran. Prosesi yudisium berlangsung cepat dan lancar, satu persatu mahasiswa yang telah menyandang gelar sarjana dipanggil kedepan panggung untuk dipasang selempang dan pemberian SK Kelulusan, terlihat wajah-wajah dari meereka yang akan di wisuda 30 Maret.

Dihari bahagia itu seluruh peserta yudisium tampak menggunakan baju melayu baik wanita maupun pria, tampak ganteng dan lawwe (cantik). Yudisium diikuti dari empat Prodi yang ada di FIB, yaitu Prodi Sastra Indonesia 9 orang, Satra Inggris 10 orang, Sastra Daerah/Melayu 26 orang dan Prodi Ilmu Perpustakaan 26 orang.

Muhamad Kafrawi dalam sambutannya mengucapakan selamat kepada seluruh mahasiswa yang telah sah menyandang gelar sarjana. ” kami (pimpinan) ingin menjamu, melayani, memberikan yang terbaik, setelah selama empat tahun mengenyam pendidikan di FIB.”

” Saya berharap alumni FIB dapat terus mencari ilmu, menjaga nama baik Lancang Kuning. Bagi yang balek kampung dapat membangun komunitas komunitas kebudayaan untuk memajukan daerah,, memajukan budaya. Saat ini ilmu Budaya menjadi pentin, Saat ada masalah masalah, Budaya menjadi unsur yang diperlihatkan dan dimunculkan dengan jelas sebagaui unsur pemersatu. ” ujar Kafrawi yang juga seniman Riau ini.

Keluar sebagai pemuncak Yudisium FIB ke 38 yaitu Regina Fadilah Prodi Satra Daerah/Melayu dengan IPK 3,93 dan Muhammad Fauzi Arasyid dari Prodi Sastra Inggris dengna IPK 3,93. Kedua pemuncak kemudian mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan. Selain itu Ketua Dewan Kesenian Riau Taufik Hidayat atau biasa yang disapa Atan Lasak juga sebagai peserta yudisium. Saat namanya dipanggil tepuk tangan bergemurh se isi ruang. Taufik lulus dengna predikat dengan pujian IPK 3,83. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …