Selasa , 17 Mei 2022

KKN Award Umri 2021, Apresiasi bagi Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat

Riaupintar.id — Menjelang akhir tahun 2021 Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) mengadakan perhelatan tahunan KKN Award sebagai bentuk apresiasi bagi mahasiswa yang turun ke lapangan untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan KKN UMRI tahun ini yang bertemakan “KKN UMRI dari Desa untuk Negeri” telah dilaksanakan dengan melibatkan sejumlah mitra yang terdiri dari UMKM, Kelompok masyarakat, sekolah, hingga perangkat desa yang tersebar di seluruh kota dan kabupaten yang ada di Provinsi Riau.

Kegiatan KKN Umri yang dilaksanakan mulai dari awal hingga akhir Agustus 2021, telah menghasilkan berbagai produk dan program pemberdayaan masyarakat yang mendukung terciptanya desa tangguh lingkungan, desa tangguh kesehatan, desa tangguh pendidikan, desa tangguh perekonomian, dan desa berkesetaraan gender.

Adapun produk dan program yang dihasilkan seperti, perabotan yang terbuat dari ecobricks, pengembangan aplikasi media pembelajaran bagi anak-anak, pendirian rumah singgah belajar bagi anak-anak, hingga pengembangan produk hasil perkebunan mulai dari pengolahan buah hingga pemanfaatan limbahnya.

Ajang KKN Award UMRI kali ini dilaksanakan pada Rabu 22 Desember 2021 malam. Dimulai dengan pertunjukan tarian tradisional Riau yaitu tari Persembahan, acara ini kemudian dibuka dengan pemutaran video cuplikan kegiatan KKN mahasiswa yang dikumpulkan dari seluruh kelompok KKN.

Rektor Umri Dr H Mubarak MSi juga menunjukkan antusiasmenya pada kegiatan KKN Award ini, Dia mengatakan bahwa Kegiatan KKN selalu mengingatkan beliau tentang pengalaman KKN beliau pada saat masih menjadi mahasiswa dan program KKN saat ini jauh lebih kreatif serta inovatif.

“Bicara mengenai Kuliah Kerja Nyata atau KKN tentu ini mengulang kembali memori kami ketika kuliah dulu, namun jika dibandingkan dengan saat ini, tentu pelaksanaan KKN kami dahulu sangat berbeda dengan yang adik-adik Mahasiswa saat ini,” kata Rektor.

Diakhir sambutannya Mubarak melakuan launching buku “cerita KKN UMRI” yang ditulis oleh mahasiswa peserta KKN pada tahun 2019 lalu.

Sementara, Ketua KKN Nolly Medya Putra M Sn menyampaikan, bahwa meskipun masih ditengah-tengah pandemi covid-19, program KKN UMRI dapat terus berjalan dengan sukses dan aman, serta dapat diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar dan mampu menghasilkan berbagai macam luaran akademik seperti jurnal pengabdian hingga HKI.

Acara KKN Award ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I Umri Sri Fitria Retnawaty SSi MT, Wakil Rektor II Umri Dr Bakaruddin SE MM, selanjutnya Muhammad Ridha Fauzi ST MT selaku Ketua LPPM UMRI, jajaran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan juga diramaikan oleh peserta KKN UMRI tahun 2021.

Sebagai bentuk dukungan pada pedagang makanan street food, Umri menghadirkan berbagai macam jajanan pasar sebagai menu bagi seluruh peserta KKN yang hadir.

Terdapat beberapa kategori penghargaan yang diberikan seperti DPL KKN Dalam Kota Terbaik yang dimenangkan oleh Desy Mairita S I Kom M I Kom, dan DPL KKN Luar Kota Terbaik yaitu Ilham Hudi, SPd MPd.

Selain itu bagi khusus bagi Kelompok KKN, kategori penghargaan yang diberikan adalah Kelompok KKN Ter-Exist, Kelompok KKN Ter-Kreative, Video Cinematic Terbaik, dan Video Tiktok terbaik.

Sebagai penghargaan tertinggi dalam acara ini adalah Kelompok KKN Terbaik 1 yang dimenangkan oleh Kelompok 13 Luar kota dengan lokasi KKN di Desa Tapung Pagaruyung, Terbaik 2 yang dimenangkan oleh Kelompok 18 Dalam Kota dengan lokasi KKN di Kelurahan Perhentian Marpoyan, dan Terbaik 3 yang dimenangkan oleh Kelompok 11 B dalam kota dengan lokasi KKN di Kelurahan Sungai Sibam.

Dapatkan informasi seputar Umri lainnya www.umri.ac.id

“Umri akan konsisten memberikan apresiasi yang sebaik-baiknya bagi kegiatan KKN setiap tahunnya agar dapat memotivasi seluruh sivitas akademika Umri untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan menginspirasi masyarakat melalui karya-karya yang dihasilkan pada kegiatan-kegiatan KKN selanjutnya,”. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …