Rabu , 13 November 2019

Kompetisi EA III 2019 LLDIKTI jadi ‘Milik’ Mahasiswa UIR

Riaupintar.id — Ajang Entrepreneurship Award (EA) III tahun 2019 yang dilaksanakan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X menjadi ‘milik’ Mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR), sejumlah nomor perlombaan secara gemilang dikuasai calon wirausahawan muda itu.

Dalam pengumuman Dewan Juri pada Jum’at malam 25 Oktober 2019 di Ballrom Hotel Planet Batam, finalis UIR terpilih sebagai pemenang dalam kategori bisnis berjalan dan kategori bisnis yang direncanakan.

Mereka adalah Dian Tirta yang tampil menjadi Juara II. Dian bersama Johan Ramadhan dan Rizal Putratama mengelola usaha A Plus Course. Di luar Dian, UIR juga menyebet juara harapan 5 melalui Siskia Dilla Annisa (Happy Crispy Snacks).

Untuk bisnis plan, Risha Fadhilla Azizah (Combie Coffee) terpilih menjadi harapan 1. Kemudian Salsa Afni Yudha (Bolpikju/harapan 3), Arif Rahman (Budidaya Kelinci Swaper/harapan 4) dan Rismauli (Tas Rajutan Homemade/harapan 12).

Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi yang hadir di malam anugerah menyampaikan terima kasih kepada finalis UIR yang berhasil menguasai beberapa nomor di EA III. Diakui, terjadi peningkatan sangat signifikan dalam jumlah peserta antara EA III dengan EA I dan II. Lebih dari 600 calon entrepreuners muda ikut berpartisipasi. Sebanyak 25 orang diantaranya ditetapkan sebagai finalis.

”Ini bukan hal mudah. Dari 25 finalis, UIR terbanyak mengirimkan peserta dan alhamdulillah mereka mampu menguasai beberapa nomor di kedua kategori yang diperlombakan,” kata Rektor.

Rektor berharap, hendaknya prestasi ini dapat ditingkatkan pada EA IV yang berlangsung di Jambi tahun depan. ”Kita akan siapkan anak-anak sejak dini. Sebab tingkat kompetisinya akan semakin berat baik dari segi jumlah peserta yang ikut maupun kualitas bisnis yang diperlombakan,” ujar Syafrinaldi.

Sementara, Kepala LLDikti Wilayah X Prof Dr H Heri, SE, MBA juga menyampaikan rasa bangga atas suksesnya penyelenggaraan EA III di UIB. Ia mengatakan, penganugerah ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa terjun ke dunia usaha atau setidaknya mereka memiliki pemahaman di bidang entrepreunership.

Lalu secara perlahan terjun untuk berusaha di masa depan. Karena manfaatnya besar, kompetisi EA akan berlangsung setiap tahun secara bergiliran di wilayah kerja LLDIkti X. Tahun depan di Provinsi Jambi.

”Kegiatan ini tak sekedar mnembentuk mahasiswa menjadi seorang usahawan melainkan lebih luas dari itu. Sebagai anak Indonesia, mereka diharapkan dapat mengelola resourches Indonesia yang kaya raya,” tegas Heri.

Risert membuktikan, orang-orang yang tak memegang ijazah lebih banyak terjun ke dunia usaha dibandingkan dengan pemegang ijazah. Kenapa demikian? Menurut Prof Heri, karena para sarjana takut memulai. Takut gagal dan kuatir kalau-kalau usaha yang akan mereka rintis tidak berhasil. Padahal dalam berusaha jatuh bangun itu hal yang manusiawi. Sebab dari jatuh itu kemudian mereka bangun. Lalu menjadi berhasil

”Tak mungkin baru mulai berusaha langsung berhasil. Simaklah kisah orang-orang hebat bagaimana awal mereka membangun kerajaan bisnis. Tak sedikit hambatan dan rintangan yang mereka hadapi. Jadi badai dan gelombang itu tetap saja ada dalam dunia usaha,” ungkap Heri.

Berikut adalah para pemenang Entrepreneurship Award III tahun 2019. Kategori Usaha Berjalan, Ardiansyah (Juara I/Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indragiri Rengat), Dian Tirta (Juara 2/Universitas Islam Riau), Malik Diar Alpho (Juara III/Universitas Ibnu Sina Batam). Kategori Bisnis Plan: Fajri Muttaqien (Juara I/Politeknik Caltex), Nika Saputra (Juara II/Universitas Ekasakti) dan Rinda Dwi Utara (Juara III/Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang).

Juara Harapan, Kategori Usaha Berjalan: Yulia Dwi Abdrillah (Harapan 1/Universitas Batang Hari Jambi), Roro Mega Cahyaning (H2/UNiversitas International Batam), Zohrotun Nissa (H3/STISIP Persada Bunda), Nandang Lesmana (H4/Universitas Ibnu Sina Batam), Saskia Dilla Annisa (H5/Universitas Islam Riau), Ahlul Khibrah Almadaniy (H6/Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi KBP) dan Yohana Angelina Claudia (H7/Universitas Adiwangsa Jambi).

Juara Harapan, Kategori Bisnis Plan: Risha Fadhilla Azzah (Harapan 1/Universitas Islam Riau), Fajar Faiz Akbar (H2/Universitas Lancang Kuning), Salsa Afni Yudha (H3/Universitas Islam Riau), Arif Rahman (H4/Universitas Islam Riau), Arey Oktaviana Ramadhana (H5/Universitas Muhammadiyah Jambi), Rini Ultrarahmawati (H6/Universitas Baiturrahmah Padang), Andre Wijaya (H7/Universitas Batanghari Jambi), Salsa Bila Haifah (H8/STIKES Mercubaktijaya Padang), Lisa Bila Sari (H9/Universitas Baiturrahmah Padang), Rosy Hamida (H10/Universitas Muhammadiyah Sumbar), Rika Putri Andri (H11/Universitas Muhammadiyah Riau) dan Rismauli (H12/Universitas Islam Riau). (rls)

Baca Juga

Hebat, Siswa Siak Juara Dunia Geo Math Competition di Firlandia

Riaupintar.id — Prestasi kembali diukir siswa asala Kabupaten Siak, Provinsi Riau, adalah Arya Bisma Nugraha, …