Selasa , 17 Mei 2022

Lantik Wakil Dekan Fakultas Kedokteran, ini Pesan Rektor Unri

Riaupintar.id — Rektor Universitas Riau (UNRI) Prof Dr Ir Aras Mulyadi DEA melantik Wakil Dekan Fakultas Kedokteran (FK) UNRI serta melaksanakan pengangkatan Pertama dalam Jabatan Fungsional Dosen menjadi Asisten Ahli lingkungan UNRI bagi beberapa orang dosen, Kamis 30 Desember 2021 di Ruangan Serbaguna Siak Indrapura Gedung Rektorat Kampus Bina Widya UNRI.

Pada pelantikan ini Dr dr TB Odih Rhomdani Wahid Sp BA dilantik menjadi Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni FK UNRI pengganti antar waktu periode 2019-2023 menggantikan Dr dr Arfianti M Biomed MSc yang menjadi Dekan FK UNRI.

Rektor UNRI, dalam hal ini menyampaikan Pada pandemi Covid-19 saat ini, profesi kedokteran dan seluruh profesi yang bekerja untuk kepentingan kesehatan merupakan profesi-profesi yang diharapkan untuk membantu negara. Oleh karena itu khususnya Fakultas Kedokteran dapat memberikan andil pada pandemi yang terjadi saat ini.

“Dalam upaya mengembangkan Fakultas Kedokteran UNRI diberbagai bidang, maka pimpinan Fakultas Kedokteran UNRI agar dapat mengimplementasikan sumpah jabatan demi kemajuan Fakultas Kedokteran khususnya dan kemajuan dunia ilmu pendidikan dibidang kedokteran secara umum,” harap Aras.

Maka UNRI dalam hal ini, FK hendaknya dapat berkreasi dan berinovasi untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas yang siap bersaing secara global dan kita harus mampu inovasi-inovasi penelitian sesuai Tridharma Perguruan Tinggi,” ujar Guru Besar dibidang Perikanan dan Kelauatan UNRI ini.

“Selaku pimpinan universitas, Saya yakin dengan adanya kreasi, inovasi, dan kerja sama yang telah kita laksanakan, maka akan dapat mewujudkan proses pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan Sumber Daya Manusia, ilmu pengetahuan dan teknologi, sebagaimana yang telah diamanatkan kepada kita untuk melaksanakannya dengan baik,” terang Aras.

Lebih lanjut, Rektor menyampaikan Selama menjadi bagian dalam sebuah perguruan tinggi, seluruh sivitas akademika baik mahasiswa dan juga dosen memegang tiga pilar penting atau Tri Dharma Perguruan Tinggi. Selain melaksanakan kewajiban pendidikan dan penelitian dalam rangka pemahaman akan bidang ilmu tertentu, seluruh sivitas akademika juga memiliki kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat.

Oleh sebab itu, diharapkan Wakil Dekan yang baru dilantik agar juga mengajak Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNRI ikut andil terhap isu-isu terbaru di sekitar masyarakat, mahasiswa sebagai salah satu entitas dalam institusi pendidikan tinggi di Indonesia juga melaksanakan kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat.

“Peran mahasiswa Fakultas Kedokteran ini cukup penting terutama dalam rangka mempromosikan aktivitas-aktivitas kesehatan. Selain itu, memenuhi pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi ini pun menjadi suatu hal mutlak bagi seorang mahasiwa fakultas kedokteran, yang kelak akan menjalani profesi sebagai dokter, yakni profesi yang erat kaitannya dengan pengabdian dan juga kontribusi terhadap masyarakat,” ujarnya.

Tambahnya, Peran mahasiswa Fakultas Kedokteran ini terhadap masyarakat tentu tidak akan jauh-jauh dari bidang keilmuan yang digeluti setiap hari, yakni di bidang kedokteran dan kesehatan. Mereka yang dinilai memiliki tingkat keilmuan di bidang kedokteran yang lebih tinggi dibanding masyarakat pada umumnya diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat dengan cara peka terhadap isu-isu kesehatan di lingkungan sekitar.

“Kegiatan ini dapat dilakukan dengan berbagai bentuk, mulai dari mengadakan sosialisasi, seminar, diskusi umum, menggalang bantuan sosial, dan turut serta menjadi relawan kesehatan,” ujar Aras.

Diharapkan dosen dan mahasiswa FK UNRI memberikan pemikiran-pemikiran yang inovatif, yang dapat menimbulkan terobosan-terobosan baru melalui berbagai kajian ilmiah di bidang kesehatan. Selain itu juga untuk menyelesaikan problematika kesehatan masyarakat yang masih belum tertanggulangi dengan baik.

Selain itu, dengan pemikirannya yang kreatif, unik dan out of the box, peran mahasiswa Fakultas Kedokteran juga sebagai the health promotor pun akan semakin menguat. Melalui berbagai cara-cara yang unik, menarik, dan tidak biasa, diharapkan mahasiswa akan semakin mampu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, ujarnya.

Ada begitu banyak kontribusi yang telah diberikan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran yang juga didukung oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerja Sama, dan Alumni dalam rangka memenuhi kewajiban untuk mengabdi kepada masyarakat.

Harapannya, kontribusi dan peran mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kesehatan ini akan semakin meningkat, seiring dengan semakin kompleksnya permasalahan kesehatan di masyarakat.

Rektor pada kesempatan itu juga berpesan kepada Dosen yang baru diangkat sebagai fungsional asisten ahli, dapat meningkatkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Masyarakat Riau memiliki harapan besar UNRI untuk memberikan solusi bagi masyarakat melalui produk-produk penelitian dan teknologi berbagai bidang dan ilmu yang tepat guna, mengingat Riau memiliki banyak sekali potensi Sumber Daya Manusia dan alam yang semestinya dapat dikelola secara maksimal,” tutup Rektor. (rls)

Baca Juga

Program Doktor Ilmu Hukum UIR Raih Akreditasi B

Riaupintar.id — Suatu kebanggan bagi Universitas Islam Riau (UIR) terkhusus Program Studi Doktor Ilmu Hukum …