Minggu , 19 September 2021

Mahasiswa Kukerta Unri Sosialisasikan G3CT di SD Negeri 004 Muaro Sentajo

Riaupintar.id – Untuk mensosialisasikan cara hidup sehat di era New Normal dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya Gerakan Gosok Gigi dan Cuci Tangan (G3CT) serta memberikan cara atau praktik menggosok gigi dan cuci tangan yang benar, Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nayata (Kukerta) Universitas Riau (Unri) Gelombang III melakukan Kegiatan pengenalan dan penyuluhan.

Kegiatan yang dilaksanakan Kamis 27 Juli 2021 tersebut  ditujukan bagi siswa-siswi SDN 004 Muaro Sentajo di Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi.

“Selain itu sosialisasi G3CT ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran hidup sehat sejak dini melalui menjaga gigi dan membiasakan cuci tangan,” kata Ketua Kelompok Kunkerta Unri Desa Muaro Sentajo, Ramli Muhammad Wicaksana.

Sebelumnya pelaksakanaan Kegiatan dengan melibatkan peran guru ini, tim Kukerta unri Gelombang III sudah melakukan Antigen terlebih dahulu di UPTD Kesehatan Puskesmas Sentajo Raya.

Kedatangan Tim Kukerta Unri disambut baik oleh Kepala Sekolah dan Guru-guru. Sekitar 20 peserta didik dari SD Negeri 004 Muaro Sentajo juga sangat Antusias dan bersemangat memperhatikan dengan seksama apa yang dijelaskan mengenai cara gosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar.

“Tidak hanya menjelaskan saja, setelah pemberian materi sosialisasi G3CT selesai, anak-anak diarahkan keluar ruangan untuk mempraktikkan hasil penyampaian materi yang diberikan, Tim Kukerta meminta ke beberapa siswa untuk mencontohkan gerakan cuci tangan dan menggosok gigi yang baik dan benar,” ujarnya.

Sebelum melakukan gosok gigi, yang terutama dilakukan ialah mencuci tangan. Disini, ketika praktik cuci tangan harus sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan, baik dari tahap pertama yaitu mengusap sabun tangan secara merata keseluruh bagian tangan sampai pada tahap yang terakhir membersihkan sela-sela kuku tangan secara bergantian dan dibilas hingga busa hilang.

Setelah, anak-anak selesai mencuci tangan, Tim Kukerta Unri membagikan sikat gigi untuk siswa-siswi SD Negeri 004 Muaro Sentajo dan langsung mempraktikkan cara menggosok gigi dengan benar. Dikarenakan sedang didalam masa pandemi Covid-19, Tim Kukerta menerapkan protokol Kesehatan dengan jaga jarak pada saatmenggosok gigi.

“Dengan adanya sosialisasi G3CT ini diharapkan tidak hanya dilakukan satu kali saja saat kegiatan ini dilaksanakan, dan juga hendaknya sosialisasi yang di lakukan ini dapat menambah wawasan siswa-siswi SD Negeri 004 Muaro Sentajo mengenai pentingnya Mencuci Tangan dan Menggosok Gigi serta diaplikasikan di dalam kehidupan sehari-hari terlebih pada saat Pandemi seperti sekarang ini,” pungkasnya.**

Nama-nama peserta Kukerta Unri gelombang III di Desa Muaro Sentajo, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi

1. Ramli Muhammad Wicaksana (Fisipol)
2. Despi Ramadhani (FT)
3. Viora Nurul Zulfia (Fisipol)
4. Savera Mukfi (Fisipol)
5. Cristian Verynta Surbakti (Fisipol)
6. Ali Asraf Marzuki (Fisipol)
7. Zubaidah (FMIPA)
8. Ramadhoni Tri Nobel (FKIP)
9. Priska Annisaphira (FP)
10. Vania Mahfira Salsabila (FH).

Baca Juga

Kado Milad ke-59, Rektor UIR Dukung Rencana YLPI Dirikan Rumah Sakit

Riaupintar.id — Rencana Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau untuk mendirikab Rumas Sakit di Jalan …