Senin , 18 Oktober 2021

Mahasiswa UIR Penerima Bidikmisi Dibekali Rahasia Sukses Raih Prestasi di Masa Pandemi

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Heri dan Rektor Universitas Baiturrahmah Padang Prof Musliar Kasim menyampaikan materi dalam acara Pembinaan Mutu Akademik Penerima Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Pemprov Riau

Riaupintar.id — Pengembangan diri di samping dapat dilakukan melalui kegiatan akademik juga bisa dengan non-akademik. Di bidang non-akademik, misalnya, mahasiswa bisa memulainya dengan enterpreunership atau berwirausaha. Selalulah bersyukur dan minta doa dari kedua orangtua agar segala perjuangan yang dilakukan dalam masa perkuliahan berhasil dengan baik.

Saran dan pandangan itu disampaikan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Dr H Heri, SE MBA dan Ketua Tim Pengarah Enterpreunership Award LLDIKTI Prof Dr H Musliar Kasim yang juga Rektor Universitas Baiturrahmah Padang kepada mahasiswa Universitas Islam Riau (UIR) Penerima Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Pemerintah Provinsi Riau Tahun Anggaran 2020 di Hotel Pangeran pada Rabu 31 Maret 2021. Pembekalan ini berlangsung hingga Kamis siang 1 April 2021.

Disebutkannya, masa Pandemi Covid-19 bukanlah halangan bagi mahasiswa untuk sukses meraih prestasi. Banyak mahasiswa berhasil mengoptimalkan potensi dirinya di tengah situasi sulit seperti sekarang. Kuncinya tergantung niat dan motivasi. Apabila mahasiswa berniat mengembangkan diri dan niat tersebut diiringi dengan motivasi, insha Allah akan berhasil.

Kegiatan bertajuk, ‘Semangat Meraih Prestasi di Masa Pandemi’ yang dibuka Rektor UIR Selasa malam 30 Maret 2021 itu diikuti 75 mahasiswa dari berbagai program studi di lingkungan Universitas Islam Riau. Selain Prof Heri dan Prof Musliar, turut pula memberi pembekalan keilmuan Motivator Muda Ari Pristiana Dewi MKep Ns, Yanwar Arief SPsi, MPsi Psikologi (Dekan Fakultas Psikologi UIR), Dr Kurnia Hastuti ST MT (Kepala BAAK UIR), Hendra Gunawan ST MEng (Kepala Biro Simfokom), Dr M Guntur MPd (Kepala Bidang Dinas Pendidikan Provinsi Riau0, Ir H Rosyadi MSi (Wakil Rektor III), Dr H Syafhendry MSi (Wakil Rektor I), Dr Ir H Asrol (Wakil Rektor II) dan Kepala LPM Dr Ir Agusnimar.

Rektor UIR Prof Syafrinaldi mengalungkan tanda peserta kepada mahasiswa UIR yang mengikuti Pembinaan Mutu Akademik Penerima Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Pemprov Riau.

Musliar Kasim menyebutkan, Universitas Islam Riau merupakan perguruan tinggi yang aktif mengikuti kompetesi enterpreunership award yang dilaksanakan setiap tahun oleh LLDIKTI Wilayah X. Termasuk berpartisipasi dalam kegiatan serupa di tingkat nasional. ”Saya juga mengapresiasi keberhasilan mahasiswa UIR memenangkan nomor-nomor bergengsi pada setiap kompetisi,” ucap Musliar Kasim dalam sesi yang dimoderatori Dr Rendy Prayuda.

Ia berharap, penerima bidikmisi UIR dapat mempertahankan dan menambah prestasi baru untuk UIR. Terutama di bidang kewirausahaan. Semua keberhasilan yang diraih mahasiswa UIR, menurut Musliar Kasim tidak lepas dari komitmen Pimpinan UIR yang terus berusaha mengembangkan mutu akademik dan non akademik.

Di waktu terpisah, Rektor UIR Prof Syafrinaldi juga melecut semangat mahasiswa agar tidak mudah menyerah dengan keadaan.

Ia menyampaikan, sebagai penerima beasiswa mahasiswa harus terus mengukir prestasi walau kita dihadapkan dengan masih meluasnya Covid-19. ”Jangan mudah putus asa. Saudara adalah mahasiswa terbaik yang terpilih sebagai penerima beasiswa bidikmisi. Uang kuliah dan uang bulanan selama mengikuti perkuliahan di Universitas Islam Riau sudah ditanggung Pemerintah Provinsi Riau,” kata Rektor UIR.

Bantuan dari pemerintah daerah harus disyukuri dengan cara mengukir prestasi. Ingat orangtua yang menunggu keberhasilan saudara. Selesaikan kuliah tepat waktu dan raih prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik. Prestasi non akademik, dapat saudara lakukan dengan belajar berwirausaha.

Motivator Ari Pristiana Dewi menyampaikan materi dalam acara Pembinaan Mutu Akademik Penerima Beasiswa Bidikmisi Bhakti Negeri Pemprov Riau.

 

“Peluang bagi saudara menjadi enterpreunership muda sangat terbuka lebar apalagi sekarang ini Pemerintah sedang gencar-gencarnya mendorong kaum milenial menjadi usahawan muda. Berwirausaha itu tak perlu modal besar, mulailah dengan modal kecil terlebih dahulu, insha Allah dengan semangat yang tinggi saudara akan menuai keberhasilan. Salah satu diantaranya dengan memanfaatkan media sosial,” ujar Dia.

Pembinaan Mutu Akademik, menurut Rektor, merupakan sarana yang disediakan Universitas Islam Riau dan Pemerintah Provinsi Riau untuk mahasiswa agar dapat menimba ilmu baik secara teoritis maupun praktis.

”Saya minta manfaatkan forum ini sebaik mungkin, timba ilmu dari nara sumber agar saudara bisa menjadi orang yang berhasil seperti para nara sumber itu,” pesan Rektor mensemangati mahasiswa. (rls)

Baca Juga

Ketika Sandiaga Uno Ajak Mahasiswa UMRI Berwirausaha

Riaupintar.id – 95 persen produk kreatif di Indonesia dihasilkan dari pulau Jawa. Sementara, di Riau …